Pembelajaran Interaktif Menggunakan Industri Kimia Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Kimia Analisis II

Sunarto Sunarto, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, Indonesia
Susila Kristianingrum, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, Indonesia
Suyanta Suyanta, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran interaktif menggunakan industri kimia lokal sebagai sumber belajar untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Kimia Analisis II. Subjek penelitian ini adalah 40 mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UNY semester genap Tahun Akademik 2009/2010. Tindakan yang diberikan adalah interaksi mahasiswa dengan industri penyulingan minyak kayu putih di Sendangmole Gunungkidul, industri pengolah air limbah (IPAL) di Pendowoharjo Sewon Bantul, industri elektroplating di Kotagede, PDAM Sleman, dan PG Madukismo di Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Mahasiswa mengadakan interaksi dengan industri melalui studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif dengan menggunakan industri kimia lokal dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Kata kunci: interaktif, implementasi, lesson study


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo