Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Syaiful Syaiful, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia
Yaya S. Kusumah, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia
Jozua Sabandar, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia
Darhim Darhim, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 dari dua SMP dengan kategori sedang yang dipilih secara acak dengan teknik purposive sampling dari seluruh SMP di Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan matematika realistis dan di kelompok kontrol dilaksanakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) lembar observasi; (3) angket respon siswa; dan (4) pedoman waawancara. Analisis data dengan uji-t dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistis lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional secara keseluruhan maupun berdasarkan kategori kemampuan matematis siswa (tinggi, sedang, rendah). Siswa dengan kemampuan matematika umum tinggi mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan matematika umum sedang maupun rendah.

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, pendekatan pendidikan matematika realistis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo