Proses Berpikir Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Melakukan Estimasi Masalah Berhitung

Muh. Rizal, Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Tadulako, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SD berkemampuan matematika tinggi dalam melakukan estimasi dalam masalah berhitung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang memiliki skor lebih dari 75 dalam tes matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memahami masalah, siswa berkemampuan tinggi menggunakan proses akomodasi, yaitu memahami masalah dengan membaca secara berulang. Dalam membuat perencanaan pemecahan masalah, siswa juga menggunakan proses akomodasi, yaitu mengakomodasi bilangan-bilangan yang mempunyai keterkaitan sehingga secara mental mudah dioperasikan. Dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa menggunakan proses asimilasi, yaitu melaksanakan rencana yang sudah dibuat. Dalam memeriksa jawaban, siswa juga menggunakan proses asimilasi, yaitu menelusuri kembali pekerjaan yang telah dilakukan sebelum dan sesudah diperoleh solusi akhir melalui berhitung secara mental.

Kata kunci: proses berpikir, estimasi, asimilasi, akomodasi, pemecahan masalah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo