Kemampuan Mengkonstruksi Peta Konsep dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep Bioteknologi

Widi Purwianingsih, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, Indonesia
Nuryani Y Rustaman, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, Indonesia
Sri Redjeki, Sekolah Pascasarjana UPI Bandung, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengukur efektivitas penggunaan peta konsep pada konsep-konsep yang mendasari bioteknologi terhadap penguasaan konsep. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Pendidikan Biologi peserta mata Kapita Selekta Biologi SMA 1 dan 2 yang membahas 5 materi/konsep yang melandasi bioteknologi. Efektivitas penggunaan peta konsep diukur berdasarkan peningkatan nilai peta konsep dari satu materi ke materi berikutnya, serta berdasarkan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan, penguasaan konsep-konsep dasar bioteknologi meningkat seiring dengan nilai peta konsep.

Kata kunci: bioteknologi, penguasaan konsep, peta konsep


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo