Penggunaan Strategi Metakognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep-Konsep Biologi Umum

Noorhidayati Noorhidayati, Pendidikan Biologi FKIP Unlam Banjarmasin, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap konsep-konsep biologi umum. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan materi Struktur dan Organisasi Tubuh Organisme pada siklus I dan Keanekaragaman Hayati pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi metakognitif berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep biologi rata-rata sebesar 44,98%, dan ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 82,35%.

Kata kunci: strategi metakognitif, pemahaman, konsep, biologi umum


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i1.12198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo