Efektivitas Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta

Amanatie Amanatie, Jurusan P. Kimia FMIPA UNY, Indonesia
Sumiati Sumiati, SMA N 2 Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dengan metode eksperimen bagi peserta didik kelas XI IA SMA Negeri 2 Yogyakarta. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri atas tiga siklus. Hasil penelitian ditinjau dari peserta didik menunjukkan bahwa kesesuaian perencanaan dengan tujuan pembelajaran termasuk kategori sangat baik, penyampaian materi termasuk kategori baik, penggunaan petunjuk eksperimen termasuk kategori baik, manfaat menggunakan eksperimen termasuk kategori sangat baik, efektivitas pembelajaran termasuk termasuk kategori baik, mutu pembelajaran kimia termasuk kategori baik, respon peserta didik terhadap eksperimen termasuk kategori baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I termasuk kategori baik, pada siklus ke II termasuk kategori baik, dan pada siklus ke III termasuk kategori sangat baik. Ditinjau dari guru, efektifitas pembelajaran termasuk kategori baik. Penilaian aspek afektif peserta didik dari siklus I dengan siklus ke III termasuk baik.

Kata kunci: efektivitas pembelajaran, hasil belajar kimia, penilaian afektif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo