Pedation (Pedagogy of Earthquake Risk Reduction) sebagai Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan Gempa Bumi untuk Anak-anak di Bantul

Yustia Pramesti, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Abstrak

PEDATION merupakan program kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi untuk anak-anak di SD Muhammadiyah Kalinampu II melalui 6 modalitas pembelajaran bencana. Modalitas pembelajaran ini terdiri atas interactive learning, affective learning, inquiry learning, action learning, surrogate experiential learning, dan field experiential learning.  Langkah-langkah teknis meliputi persiapan umum, membuat matriks pelaksanaan, tahap pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Hasil dari kegiatan ini adalah : 1) meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi di SD Muhammadiyah Kalinampu II dari 35% menjadi 73%, 2) terbentuknya media pembelajaran modul, buku saku, poster, dan artikel ilmiah.

Kata kunci: gempa bumi, modalitas pembelajaran, kesiapsiagaan

 

Abstract

PEDATION is a society dedication student creativity program that aims to improve earthquake preparedness for children in SD Muhammadiyah Kalinampu II through 6 disaster learning modalities. This learning modality consists of interactive learning, affective learning, inquiry learning, action learning, surrogate experiential learning, and field experiential learning. Technical steps in this activity include general preparation, making the implementation matrix, implementation phase, evaluation, and follow-up. The results of this activity are: 1) increasing earthquake preparedness in SD Muhammadiyah Kalinampu II from 35% to 73%, 2) the formation of learning media: modules, pocket books, posters, and scientific articles.

Key words: earthquake, learning modalities, preparedness


Full Text:

PDF

References


BNPB. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Latihan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana. Jakarta: BNPB.

Diponegoro, A. (2006). Hubungan Antara Eratnya Hubungan Keluarga dan Kebahagiaan Keluarga di Daerah Gempa (Daerah Istimewa Yogyakarta). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Direja, A. H., & Wulan, S. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kesiapsiagaan Tenaga Kesehatan dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 9(2), 102-115.

Gregg, C. H., Johnston, D., Paton, D., & Swanson, D. (2004). The Perception of Volcanic Risk in Kona Communities from Mauna Loa and Hualalai Volcanoes, Hawaiki. Journal of Volcanology and Geothermal Research, 179-196.

Wibowo, W. S. (tanggal 3 November 2018). Integrasi Pendidikan Pengurangan Resiko Bencana (PPRB) Gempa Bumi Kedalam Pembelajaran IPA SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA ke-X yang diselenggarakan oleh FMIPA UNY, 151-160.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.25800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo