Manajemen Pembinaan Vokasional Bagi Tunagrahita di Sekolah Khusus Tunagrahita

Authors

  • Mumpuniarti Mumpuniarti

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.979

Abstract

Vokasional bagi penyandang tunagrahita merupakan kemampuan untuk bekal kemandirian di masyarakat. Kemampuan itu perlu dipersiapkan sejak mereka menempuh pendidikan di sekolah. Persiapan sejak awal diharapkan dapat membentuk kemampuan vokational tingkat mahir dan terampil, serta dapat digunakan untuk mencari penghidupan atau mata pencaharian bagi mereka.
Kemampuan vokasional bagi penyandang tunagrahita ke tingkat mahir dan terampil memiliki berbagai kendala. Kendala tersebut terkait dengan jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan tunagrahita, tetapi disetujui oleh orang tuanya dan memiliki pasaran kerja. Untuk itu, diperlukan suatu pengelolaan atau manajemen dalam pembinaannya, agar supaya usaha itu tepat guna dan tepat sasaran. Bentuk manajemen itu perlu diusahakan oleh sekolah khusus tunagrahita dengan cara kerja sama orang tua, lembaga masyarakat penyedia layanan kerja, dan tenaga profesi lainnya saat perencanaan jenis vokational yang akan dibina; sumber daya yang dapat digunakan, penahapan di dalam pembinaanya; pasaran kerja yang akan dituju dengan jenis vokasional tersebut; pola pelaksanaan di dalam pembinaan; serta evaluasi kebersihaan.

Downloads

Published

2012-12-11

How to Cite

Mumpuniarti, M. (2012). Manajemen Pembinaan Vokasional Bagi Tunagrahita di Sekolah Khusus Tunagrahita. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 2(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.979