Layanan Terapi Suportif bagi Anak Tunalaras Tipe Social Withdrawal

Purwandari Purwandari, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan terapi suportif sebagai upaya meningkatkan kondisi psiko-fisik anak tunalaras tipe social withdrawal.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan subyek penelitian seorang anak tunalaras tipe social withdrawal yang berusia 14 tahun dan duduk di kelas 3 SMP. Subyek mengalami lost of self-awarness dengan kondisi stress, depresi, menarik diri dari lingkungan. Metode yang digunakan untuk mengungkap data adalah observasi, wawancara, hasil karya prosa dan buku harian, sedangkan instrumennya menggunakan pedoman observasi dan program layanan terapi suportif yang terdiri dari empat teknik terapi, yakni manipulasi lingkungan, confession and ventilation, guidance, dan reassurance. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terapi suportif cukup efektif digunakan sebagai layanan bagi anak tunalaras tipe social withdrawal untuk meningkatkan kondisi psiko-fisiknya, 2) Terapi supertif yang berupa confession and ventilation, guidance, reassurance dan manipulasi lingkungan sangat efektif digunakan untuk mengembalikan keseimbangan emosional anak tunalaras tipe social withdrawal yang mengalami lost of self-awarness, 3) Dibutuhkan pengukuh perilaku agar subyek mempertahankan perilaku positipnya, 4) Orangtua perlu dilibatkan dalam proses terapi sebagai pemantau perkembangan psiko-fisik subyek.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v4i3.784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter