Model Inklusif layanan Khusus Pembinaan Siswa Cerdas Istimewa/Berbakat Istimewa Berbasis Sumber Daya Daerah

Ishartiwi Ishartiwi

Abstract


Pengembangan potensi peserta didik melalui pendidikan secara optimal merupakan langkah nyata layanan pendidikan yang mengedepankan perbedaan individual. Salah satu bentuknya berupa layanan khusus bagi siswa cerdas istimewa/berbakat istimewa (CI/BI). Artikel ini mengungkap model inklusif layanan khusus pembinaan siswa CI/BI di sekolah umum dengan mempertimbangkan potensi akademik, personal sosial dan bakat khusus. Sasaran yang diharapkan dapat memberikan input kebijakan layanan siswa CI/BI berbasis sumber daya daerah.
Tulisan ini diangkat dari suatu survai yang dilakukan di 17 kecamatan kabupaten Bantul tentang Potensi Sumber Daya Pendidikan Di Kabupaten Bantul Untuk Pengembangan Rintisan Layanan Pendidikan Khusus Siswa Cerdas Istimewa/Berbakat Istimewa. Survai ini melibatkan 224 responden meliputi unsur: pengambil kebijakan, pengawas pendidikan, kepala sekolah dan guru jenjang SD, SMP, SMA, SMK. Informasi digali melalui angket, observasi dan diskusi mendalam, dan dimaknai secara diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian salah satunya berupa prototipe model inklusif layanan model inklusif layanan khusus pembinaan siswa cerdas istimewa/berbakat istimewa berbasis sumber daya daerah. Model ini memiliki karakteristik: (1) siswa belajar bersama siswa lain di sekolah umum, (2) intervensi mencakup multi potensi siswa (akademik, personal sosial, bakat khusus), sekaligus berfungsi pengembangan generasi daerah berkualitas, dan (3) pemanfaatan bersama aset sarana prasarana daerah (efektifitas dan efisiensi).

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.