Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Down Syndrome

Raihan Andriani, Universitas Syiah Kuala, Indonesia
Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Syiah Kuala, Indonesia
Dara Rosita, Universitas Syiah Kuala, Indonesia

Abstract


Setiap proses pertumbuhan dan perkembangan sesorang anak tidak terlepas dari peran orang tua. Orang tua adalah salah satu faktor yang dapat berpengaruh dalam menumbuhkan kemandirian anak, khususnya anak down syndrome yang mengalami hambatan pada aspek kemandiriannya. Kemandirian merupakan suatu keterampilan yang harus dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan dan dapat melakukan sesuatu tanpa adanya bantuan dari orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan kemandirian anak down syndrome di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan lima orang tua dari anak down syndrome. Objek dalam penelitian ini adalah peran orang tua dalam menumbuhkan kemandirian anak down syndrome. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua sudah menjalankan perannya sebagai: 1) teladan, 2) mentor, 3) pemberi penghargaan dan 4) pelatih bagi anak down syndrome.

Keywords


Peran Orang Tua; Kemandirian; Down Syndrome

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindro.

Abu Ahmadi & Munawar Shole. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Amelia Zainur Rasyidah. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. (Abstrak) Jurnal Pendidikan Vol.# No.1.

Casmini. (2007). Emotional Parenting: Dasar-Dasar Pengasuhan Kecerdasan Emosi Anak. Yogyakarta: Pilar Media.

Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Davison, G. C., Neale, J. M., & Kring, A. M. (2006). Psikologi abnormal. Edisi kesembilan. Diterjemahkan oleh: Noermalasari Fajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Febriany, F.M Wardani, k.l., & Rizki, T.M. (2018). Perancangan Interior Creative Center untuk Anak Down Syndrome di Surabaya. Jurnal Intra, 6(2):586-599.

Hasanah, N. U., Wibowo, H., & Humaedi, S. (2015). Pola pengasuhan orang tua dalam upaya pembentukan kemandirian anak down syndrome (studi Deskriptif pola pengasuhan orang tua pada anak down syndrome yang bersekolah di kelas c1 sd-lb yayasan pembina pendidikan luar biasa bina asih cianjur). Share Social Work Journal 5(1), 65-70.

Kementerian Kesehatan. (2014). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga dan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Komala. (2015). Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru. Jurnal Tunas Siliwangi 1 (1), 31-45.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.

Monk, Knoers, Haditono. (1998). Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Nofianti. Rita. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Noor Rohinah. (2012). Pengembangan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia.

Pahlevi, R. (2016). “Down syndrome” bukan akhir dunia. Kompas. Diakses dari http://www.edukasi.kompas.com

Raffi, I., Indriati, G., & Utami, S. (2018). Efektivitas Pemberian Terapi Okupsi dalam Meningkatkan Kemandirian Makan pada Anak Usia Sekolah dengan Down Syndrome. Jurnal Keperawatan Sriwajaya, 5 (1):1-11.

Rahmat, Pupu Saeful. (2019). Ragam Penelitian Kualitatif (pp.1-8).https://doi.org/10.31227/osf.io/jaxbf.

Rina AP. (2016). Meningkatkan Life Skill Pada anak Down Syndrome dengan Teknik Modelling. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia 5(03):215-225.

Romadhani, A. A., Adzhariah , S. I., Safitri, W., & suprapmanto, J. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak: kemandirian anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 91–99.

Santrock, John W. (2007). Child Development. New York: McGraw-Hill.

Sari, Ranita Desi., Rosyidah, Zainur Amelia. (2019). Peran Orangtua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Childhood. E-issn. 2579-7190. Vol. 3 No.1, Mei 2019. Diperoleh dari https://journal.umtas.ac.id. Diakses pada 21Januari 2021.

Sa’diyah, Rika. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam., 16 (1), 31-46.

Selikowitz, M. (2008). Down Syndrome : Third Edition. UK: Oxford University Press.

Shelkey, M., & Wallace, M. (2012). Katz index of independence in activities of daily living (adl). Best Practices in Nursing Care to Older Adults (2), 1-2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sunarti, Kustiah. (2015). Implementasi Model Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Vol. 1 No. 1 Tahun 2015.

Suparmi, Ekowarni E, Adiyati MG dan Helmi AF. (2018). Pengasuhan Sebagai Mediator Nilai Anak dalam Memengaruhi Kemandirian Anak dengan Down Syndrome. Jurnal Psikologi 45(2):141-150.

Suprayitno, Adi dan Wahid Wahyudi. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Susanto, S. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenamedia Group

Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v19i2.52944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter