Kajian proses resiliensi pola belajar siswa dengan disleksia dalam pembelajaran daring di Bali Dyslexia Foundation

Putu Ary Yuanda Krisna, Universitas Presiden, Indonesia
I Gusti Putu Ranantha Mas Pratama, Universitas Presiden, Indonesia
Supriadi Supriadi, Universitas Presiden, Indonesia

Abstract


Pandemi Covid-19 memberdayakan teknologi digital sebagai alternatif dalam proses pembelajaran jarak jauh. Namun, hal ini tidak sepenuhnya memberikan suasana belajar yang kondusif bagi siswa, utamanya siswa dengan disleksia. Banyak kendala yang ditemukan dan mengakibatkan penurunan kemampuan belajar bagi siswa disleksia. Dengan demikian, peneliti hendak mengeksplorasi pengalaman belajar siswa disleksia dalam mengikuti proses pembelajaran daring dan luring di Bali Dyslexia Foundation, serta meninjau upaya resiliensi yang mereka lakukan saat belajar di tengah pandemi. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan disleksia membutuhkan stimulan belajar dalam bentuk interaksi (dialog) yang jarang ditemukan pada pembelajaran daring. Maka dari itu proses resiliensi siswa disleksia di Bali Dyslexia Foundation dibangun dengan menyesuaikan dengan kemampuan siswa dan membangun kepercayaan diri dalam belajar di tengah pandemi. Selain itu, peran guru, orang tua, dan komunitas pendidikan berperan penting dalam membangun kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi siswa disleksia.


Keywords


pembelajaran daring, disleksia, Bali Dyslexia Foundation, interaksi, resiliensi

Full Text:

PDF

References


British Dyslexia Association. (n.d.). Dyslexia friendly style guide. British Dyslexia Association. https://www.bdadyslexia.org.uk/advice/employers/creating-a-dyslexia-friendly-workplace/dyslexia-friendly-style-guide.

Exley, S. (2004). The effectiveness of teaching strategies for students with dyslexia based on their preferred learning styles. British Journal of Special Education, 30(4), 213–220. https://doi.org/10.1111/j.0952-3383.2003.00313.x.

Human Rights Watch. (2021). "Years Don’t Wait for Them" Increased Inequalities in Children’s Right to Education Due to the Covid-19 Pandemic. https://www.hrw.org/report/2021/05/17/years-dont-wait-them/increased-inequalities-childrens-right-education-due-covid.

Kementerian Pendidikan RI. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 , website, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19.

Kemdikbud. (2020). (rep.). PANDUAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2020 Bagi GURU selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid 19 dengan semangat Merdeka Belajar (pp. 1–28). Jakarta, Indonesia.

Mo Ching Mok, M., & Cheong Cheng, Y. (2001). A theory of self‐learning in a networked human and it environment: Implications for education reforms. International Journal of Educational Management, 15(4), 172–186. https://doi.org/10.1108/09513540110394429.

Mortimore, T. and Crozier, W.R. (2006). Dyslexia and difficulties with study skills in higher education. Studies in higher education, 31(2), 235-251.

Muhajir. (2020). Pembelajaran Daring di Era Covid-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetensi, dan Model Pendidikan Yang Manusiawi. Mimikri: Jurnal Agama dan Kebudayaan, 6(2), 220-234.

Munadia. (2020). Disleksia di Masa Pandemi. Aceh Journal National Network (AJJN). https://www.ajnn.net/news/disleksiadi-masa-pandemi/index.html.

Munawaroh, M., & Anggrayni, N. T. (2015). Mengenali Tanda-Tanda Disleksia Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPY Dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia, 167–171.

Rouf, A. (2019). “Reaktualisasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal dengan Manhaj Global: Upaya menjawab problematika dan tantangan pendidikan di era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. 910-914.

Shaywitz, S.E. and Shaywitz, B.A. (2005). Dyslexia (specific reading disability). Biological psychiatry, 57(11), 1301-1309.

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Proceeding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 456 - 469.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuliani, M., dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v17i2.43916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter