Kendala mahasiswa dalam identifikasi dan asesmen anak dengan gangguan emosi dan perilaku selama pandemi COVID-19

Wening Prabawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aini Mahabbati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Identifikasi dan asesmen anak dengan gangguan emosi dan perilaku atau emotional and behavior disorders (EBD) merupakan tahapan awal dalam menentukan layanan pendidikan yang sesuai bagi anak dengan EBD. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui apakah mehasiswa mengalami kendala selama melakukan identifikasi dan asesmen anak dengan EBD selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yakni penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yakni delapan orang mahasiswa semester enam. Teknik pengumpulan data yakni obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kendala selama mengumpulkan data-data yang digunakan untuk identifikasi dan asesmen pada anak dengan EBD selama pembelajaran daring. Kendala yang dialami mahasiswa yakni kesulitan dalam menghubungi sumber seperti guru dan orang tua, tidak bisa bertemu dengan anak secara langsung, data yang diperoleh terbatas. Kesimpulan penelitian yakni adanya kendala yang dialami mahasiswa sehingga menghambat mahasiswa dalam melakukan identifikasi dan asesmen pada anak dengan EBD selama pandemi Covid-19.

Keywords


kendala, identifikasi dan asesmen, anak dengan gangguan emosi dan perilaku, pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Whitcomb, S. A. (2018). Behavioral, Social, and Emotional Assessment of Children and Adolescents: Fifth Edition. New York: Routledge.

Creswell, J. W. (2013). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. United States of America: SAGE Publications.

Zionts, P., Zionts, L., & Simpson, R. L. (2002). Emotional and Behavioral Problems: Handbook for Understanding and Handling Students. California: Corwin Press Inc.

Kauffman, J. M., & Landrum, T. J. (2018). Characteristics of Emotional and Behavioral Disorders of Children and Youth: Eleventh Edition. New York: Pearson.

Kirk, S., Gallagher, J. J., Coleman, M. R., & Anastasiow, N. (2009). Educating Exceptional Children: TWELFTH EDITION. United State of America: Houghton Miffl in Harcourt Publishing.

Shepherd, T. L. (2009). Working with Students with Emotional and Behavior Disorders : Characteristics and Teaching Strategies: International Edition. United State of America: Pearson Education.

Syamsi, I. (2016). Pelaksanaan Evaluasi Asesmen Akademik Siswa Tunalaras di SLB-E Prayuwana. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol 12, No 1, DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v12i1.12837.

Gage, N. A., & Lierheimer, K. (2012). Exploring Self-Concept for Students with Emotional and/or Behavioral Disorders as They Transition from Elementary to Middle School and High School. Education Research International, vol. 2012, Article ID 871984, 11 pages https://doi.org/10.1155/2012/871984.

Xurvein, M. A. (2015). Assessment Process of EBD Students: Professional Perspectives. Sophia, the St. Catherine University repository website: https://sophia.stkate.edu/msw_papers/542.

Miltenberger, R. G. (2015). Behavior Modification: Principles and Procedures: Sixth Edition. Boston: Wadsworth Publishing.

Kauffman, J. M., Mock, D. R., & Simpson, R. L. (2007). Problems Related to Underservice of Students with Emotional or Behavioral Disorders. Behavorial Disorders, Vol 33, No 1, DOI:10.1177/019874290703300104.

Landrum, T. J. (2000). Assessment for Eligibility: Issues in Identifying Students with Emotional or Behavioral Disorders. Assessment for Effective Intervention, 26(1), 41–49, doi:10.1177/073724770002600106 .




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v17i1.40460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter