Pengalaman Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Mengenai Pembelajaran daring selama Pandemi COVID-19

Diana Permata Sari, Universitas Sanata Dharma
Stephani Paska, Universitas Sanata Dharma

Abstract


Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah aspek pendidikan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggali perspektif para orang tua terhadap metode pembelajaran daring (dalam jaringan/online) untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) selama masa pandemi COVID-19. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei pertanyaan terbuka pada google form kemudian dilanjutkan dengan wawancara melalui aplikasi Whatsapp. Responden adalah 43 orang tua dari ABK yang berada Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta serta Jawa Timur.  Berdasarkan hasil analisis tematik induktif data ditemukan bahwa orang tua sebagai pendamping anak yang utama selama pembelajaran daring merasa bahwa pembelajaran daring tidak hanya memberikan pengalaman secara negatif bagi mereka namun juga memberikan pengalaman positif bagi para orang tua dan juga anak mereka. Pengalaman positif yang muncul adalah adanya komunikasi dan relasi yang terbangun lebih baik dari sebelumnya antara orang tua dengan guru. Kedua, adanya perkembangan kemampuan anak yang positif selama belajar di rumah seperti kemandirian. Terakhir, orang tua merasa kemampuan penguasaan materi maupun teknologi bertambah dengan adanya sistem pembelajaran daring. Sedangkan tema terkait pegnalaman negatif dari pembelajaran secara daring adalah adanya kebutuhan khusus tertentu yang mengalami kesulitan dengan penggunaan media daring untuk pembelajaran. Lalu, kendala kuota serta keterbatasan perangkat elektronik yang digunakan merupakan pengalaman negatif yang banyak ditemui oleh para guru serta orang tua. Beberapa orang tua menyimpulkan jika pembelajaran daring tidak cocok untuk disabilitas tertentu.


Keywords


pendidikan khusus, COVID-19, pendidikan dalam jaringan, orang tua

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v17i1.37216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter