Task Analysis dan Pendekatan Fungsional-Individual dalam Pembelajaran Anak Berkelainan

Sari Rudiyati, , Indonesia

Abstract


Anak berkelainan atau disebut anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami gangguan atau ketidaksempurnaan phisik dan atau sensomotorik, intelektual, sosial atau emosional. Dalam pembelajaran terhadap anak berkelainan perlu dilakukan asesmen terlebih dahulu; dan perlu disusun program pendidikan individual atau "individualized educational programs". Pendekatan yang paling efektif dalam pembelajaran anak berkelainan adalah pendekatan fungsional-individual yang dalam pelaksanaannya menggunakan task analysis dan daftar perkembangan anak sebagai acuhan dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pendekatan fungsional-individual digunakan metode-metode: "elicitation", "prompting", "chaining", "shaping", "errorless discrimination learning" dan "fading". Selain itu guru/pengasuh perlu memperhatikan media komunikasi yang digunakan oleh anak-anak berkelainan, antara lain media baca-tulis Braille, baca-tulis huruf visual yang ukurannya diperbesar, bahasa isyarat, bahasa ujaran dan atau komunikasi total.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter