Task Analysis dan Pendekatan Fungsional-Individual dalam Pembelajaran Anak Berkelainan

Authors

  • Sari Rudiyati

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1005

Abstract

Anak berkelainan atau disebut anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami gangguan atau ketidaksempurnaan phisik dan atau sensomotorik, intelektual, sosial atau emosional. Dalam pembelajaran terhadap anak berkelainan perlu dilakukan asesmen terlebih dahulu; dan perlu disusun program pendidikan individual atau "individualized educational programs". Pendekatan yang paling efektif dalam pembelajaran anak berkelainan adalah pendekatan fungsional-individual yang dalam pelaksanaannya menggunakan task analysis dan daftar perkembangan anak sebagai acuhan dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pendekatan fungsional-individual digunakan metode-metode: "elicitation", "prompting", "chaining", "shaping", "errorless discrimination learning" dan "fading". Selain itu guru/pengasuh perlu memperhatikan media komunikasi yang digunakan oleh anak-anak berkelainan, antara lain media baca-tulis Braille, baca-tulis huruf visual yang ukurannya diperbesar, bahasa isyarat, bahasa ujaran dan atau komunikasi total.

Downloads

Published

2012-12-20

How to Cite

Rudiyati, S. (2012). Task Analysis dan Pendekatan Fungsional-Individual dalam Pembelajaran Anak Berkelainan. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 2(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1005