Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di era New Normal SMP se-Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang

Early Rahma Sani, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Ngatman Ngatman, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Agus Susworo Dwi Marhaendro, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Zainudin Abu Bakar, Faculty of Social Sciences and Humanities, Universiti Teknologi, Malaysia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) di era new normal SMP se-Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah semua kepala sekolah, guru PJOK, dan peserta didik SMP se-Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan dan sasaran penelitian. Adapun secara rinci, terdiri atas: 11 kepala sekolah, 11 guru PJOK, dan 11 peserta didik dari SMP se-Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, sedangkan data kualitatif dilakukan melalui penyajian data, reduksi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) evaluasi context: latar belakang, perumusan tujuan pembelajaran, penggunaan dan pengelolaan materi, media dan bahan, rancangan KBM pelaksanaan pembelajaran PJOK di era new normal berkategori cukup dengan nilai = 3,48. (2) evaluasi input: tujuan pembelajaran, ketersediaan sarana dan prasarana, materi pembelajaran, karakteristik peserta didik dan guru berkategori cukup dengan nilai = 3,50. (3) evaluasi process: pelaksanaan pembelajaran, kegiatan peserta didik dan guru berkategori cukup dengan nilai = 3,41. (4) evaluasi product: hasil atau output pembelajaran berkategori cukup dengan nilai = 3,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK di era new normal SMP se-Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang berkategori cukup.

Abstract: The aim of this research was to evaluate the implementation of physical education, sports and health (PJOK) learning in the new normal era of junior high schools in Mungkid District, Magelang Regency using the CIPP (Context, Input, Process and Product) model. This research was descriptive research using quantitative and qualitative approaches (mixed method). Data collection techniques were carried out using questionnaires, interviews and documentation. The population in the study were all school principals, PJOK teachers, and junior high school students in Mungkid District, Magelang Regency. The sampling technique used purposive sampling, namely sampling based on research goals and objectives. In detail, it consists of: 11 school principals, 11 PJOK teachers, and 11 students from junior high schools throughout Mungkid District, Magelang Regency. Quantitative data was analyzed using percentage techniques, while qualitative data was carried out through data presentation, reduction and drawing conclusions. The research results showed that: (1) context evaluation: background, formulation of learning objectives, use and management of materials, media and materials, teaching and learning design for implementing PJOK learning in the new normal era is in the sufficient category with a score = 3.48. (2) input evaluation: learning objectives, availability of facilities and infrastructure, learning materials, characteristics of students and teachers in the sufficient category with a score = 3.50. (3) process evaluation: implementation of learning, student and teacher activities in the sufficient category with a score = 3.41. (4) product evaluation: learning results or outputs are categorized as sufficient with a value = 3.36. Thus, it can be concluded that the evaluation of the implementation of PJOK learning in the new normal era of junior high schools in Mungkid District, Magelang Regency is in the sufficient category.


Keywords


Evaluation, Learning PJOK, CIPP, Evaluasi, Pembelajaran PJOK

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Crawford, J., Butler- Henderson, K., Jurgen, R. Malkawi, B.H., Glowatz, M., Burton, R., Magni, P., Lam, S. (2020). COVID- 19: 20 Countries Higher Education Intra-Period Digital Pedagogy Responses. Journal of Applied Learning and Teaching, 3.

Darmawan, I. (2020). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Tatap Muka di Era New Normal. Seminar Nasional Keolahragaan (Vol. 1). Prosiding Seminar Nasional S2 POR: Sukses Menulis Tugas Akhir di Era New Normal.

Fierro, A. A., Vitoria, R.V., De Carvalho, R.S., & Fierro, M. A. (2021). Impact on Teaching in Times of Covid-19 Pandemic: A Qualitative Study.International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol. 10, No. 2, June 2021, pp. 432~440.

Filho, E. S., Sales Teixeire, A. L., Da Silva Xavier, J. R., Braz Junior, D. S., Barbosa, R. A., & De Albuquerque. (2020). Physical education role during coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic Physical education and COVID-19. Motriz, Rio Claro, v.26, Issue2, 2020, e10200086 DOI: http://dx.doi.org/10.1590/s1980-6574202000020086.

Global Education Monitoring Report Team. (2020). Rangkuman laporan pemantauan pendidikan global, 2020: Inklusi dan pendidikan: semua berarti semua (ED-2020/WS/18). UNESCO. (Original work published 2020).

Janice, G. (2022). Experiences of Physical Education Teachers on Students' Assessment in Times of COVID-19 Pandemic. July 2022. Asian Journal of Education and Social Studies 31(2):10-21 DOI:10.9734/AJESS/2022/v31i230741.

Jumareng, H., Setiawan, E., Budiarto, B., Kastrena, E., Patah, I. A., & Gani, R. A. (2021). Analisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran online pada kelas pendidikan jasmani selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 24-32.

Kaloka, P. T., & Kurniawan, D. D. (2021). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah atas negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(2), 93-101.

Moore J. L., Dickson-Deane C, & Galyen K. (2011). E-Learning, online learning, anddistance learning environments: Are theythe same, The Internet and HigherEducation.;14(2):129-35.

Munawarah, M., dan Nazirun, N. (2023). Memotivasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani: Studi Berbasis Survei di Era New Normal Pasca-COVID-19. Journal Research of Sport and Society Vol. 2 No. 1 (2023).

Munir, A., Priagung, Nia, T. A., dan Nurjannah. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Era New Normal Terhadap Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Lampung Selatan. SUBLIM: Jurnal Pendidikan E-ISSN: 2985-5357 Volume 02, Issue 02 Oktober 2023. https://ummaspul.e-journal.id/Sublim.

Ngatman, N., Guntur, G., Broto, D. P., & Bakar, Z. A. (2022). Evaluasi pembelajaran penjasorkes (PJOK) saat pandemi covid-19 SMP negeri se-kabupaten sleman tahun 2022. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 144-154.

Ossiannilsso, E. (2020). The New Normal: Post Covid-19 is About Change and

Sustainability. Near East University Journal of Education Faculty (NEUJE)

[volume 4, issue 1].

Rahmatullah, M. (2021). Education Management in the New Normal Era: A Literature

Study. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan (p-ISSN: 2442-8809 |e-ISSN: 2621-9549) Vol. 7, No. 01, 2021, 79-86.

Sabillah, M. I., & Nasrulloh, A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Berbasis Blended Learning di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 16-26.

UNESCO. (2019). Futures of education. https://en.unesco.org/news/new-unescorecommendation-will-promote-access-educational-resources-all.

Wahyu A. F. D. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Jurnal ilmu pendidikan Vol 2 no. 1 (April 2020), 55-51.

Wijaya, R. G. (2022). Urgensi evaluasi kualitas pembelajaran penjas di Era 4.0: studi evaluasi antara teori dan praktis. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 108-116.

Winarno, Eko, M., Haqiyah, dan Aridhotul. (2020). Disrupsi strategi pembelajaran olahraga serta tantangan dalam menghadapi new normal selama masa pandemi covid-19. http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2676.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v20i2.76211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats