Analisis perencanaan karier mahasiswa baru Prodi PJKR terhadap kesesuaian profil lulusan

Sigit Dwi Andrianto, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yudanto Yudanto, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Rohmah Muktiani, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Soni Nopembri, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Indra Nur Martika Sari, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Tantri Heriyanti Purnomo, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap perencanaan karier mahasiswa baru program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) terhadap kesesuaian profil lulusan. Penulis mengimplementasikan rangkaian penelitian deskriptif kuantitatif melalui pendekatan survei dengan angket secara online melalui google form. Subjek penelitian adalah 132 mahasiswa baru semester dua prodi PJKR FIK UNY baik putra maupun putri dengan rentang usia 18-20 tahun yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian yang dibagi kedalam empat aspek menunjukkan jika Aspek pengetahuan rata-rata sebanyak 120 (90,6%) mahasiswa baru menyatakan telah merencanakan karier profesinya, mengetahui profil lulusan, cocok dengan profil lulusan, dan yakin akan mencapai karier pada salah satu profil lulusan. Aspek motivasi rata-rata sebanyak 126 (95,2%) mahasiswa baru merasa nyaman kuliah di Prodi PJKR, penuh motivasi, lingkungan internal dan eksternal mendukung kelancaran studi, serta tidak merasa salah jurusan atau salah bidang keahlian. Aspek aktualisasi rata-rata sebanyak 110 (83,9%) mahasiswa baru tidak memiliki masalah internal dan eksternal yang dapat menghambat studi, akan memilih salah satu pilihan pekerjaan dari profil lulusan, dan tidak memiliki keinginan memilih bekerja tidak sesuai dengan profil lulusan. Aspek perencanaan rata-rata sebanyak 99 (75,35%) mahasiswa baru mempunyai rencana dan keinginan melanjutkan studi, lingkungan internal dan eksternal mendukung melanjutkan studi, serta memiliki rencana sumber biaya yang akan di gunakan untuk menempuh studi lanjut.

 

Abstract: The purpose of this study was to analyze the career planning of new students of the Health and Recreation Physical Education (PJKR) study program on the suitability of graduate profiles. The author implemented a series of quantitative descriptive research through a survey approach with an online questionnaire through google form. The subjects of the study were 132 new students in the second semester of PJKR FIK UNY study program, both boys and girls, with an age range of 18-20 years determined through purposive sampling techniques. The results of the study were divided into four aspects show if the average knowledge aspect of 120 (90.6%) new students stated that they had planned their professional careers, knew the graduate profile, matched the graduate profile, and were confident that they would achieve a career in one of the graduate profiles. The average motivation aspect of 126 (95.2%) new students feels comfortable studying in PJKR Study Program, full of motivation, internal and external environment supports smooth study, and does not feel wrong majors or wrong areas of expertise. The average actualization aspect of 110 (83.9%) new students does not have internal and external problems that can hinder their studies, will choose one of the job options from the graduate profile, and does not have the desire to choose work not in accordance with the graduate profile. The average planning aspect of 99 (75.35%) new students has a plan and desire to continue their studies, the internal and external environment supports continuing their studies, and has a plan for funding sources that will be used to pursue further studies.


Keywords


mahasiswa, baru, profil, lulusan, student, career

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cresswell, Jhon W. (2016). Research Design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik. Bandung: Rineka Cipta.

Donnelly, Kristin Walker., David A. Scott., Tony W. Cawthon. (2019). Introduction: Overview and Application of Career Development Theories. Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/ss.20303

Kasih, Ayunda Pininta. (2021). "80 persen mahasiswa tidak bekerja sesuai jurusan kuliah",Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2021/11/09/095731171/80-persen- mahasiswa-tidak-bekerja-sesuai-jurusan-kuliah?page=all.

Muhson, Ali. Dkk. (2012). Analisis relevansi lulusan perguruan tinggi dengan dunia kerja. Jurnal Economica. Volume 8, Nomor 1, April 2012

Rizki, Gilang. (2013). Survei tentang pilihan karier mahasiswa fakultas bahasa dan seni universitas negeri surabaya. UNESA: Skripsi

Saputra, Aga Vebrian. (2014). Analisis kesesuaian pendidikan dan pekerjaan yang didapatkan di kota malang perilaku sarjana fresh graduate memperoleh pekerjaan pertamanya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB Brawijaya. Vol 3, No 1.

Sahala, Fetty Ilma. (2014). Survey tentang pilihan karir mahasiswa fakultas teknik universitas negeri surabaya. UNESA: Skripsi

Setiawan, Caly. (2015). Memaknai pelatihan pengembangan profesi guru (Eksplorasi konseptual tentang pengembangan profesi yang berkelanjutan). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 11, Nomor 11, April 2015.

Setiawati, Denok. Dkk. (2019). Pelatihan konseling karier career information processing (cip) bagi guru bk smp kota mojokerto. Jurnal Bikotetik. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2019, 35 - 39

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v19i2.70759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats