Meningkatkan hasil belajar makanan bergizi melalui penggunaan animasi audio visual
Sutiyarsih Sutiyarsih, SD Negeri Jarakan Bantul, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi makanan bergizi melalui penggunaan media animasi audio visual pada siswa kelas III SD Negeri Winongo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reearch) dengan model Kemmis dan Taggart. Pada model ini setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B SD Negeri Winongo yang berjumlah 19 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar materi makanan bergizi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan pembelajaran dengan penggunaan media animasi audio visual dapat meningkatkan hasil belajar materi makanan bergizi pada siswa kelas iII SD Negeri Winongo. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk PJOK adalah 70. Data awal menyebutkan sebanyak 7 (36,84%) siswa sudah tuntas. Siklus I sebanyak 11 (57,89%) siswa sudah tuntas. Siklus II sebanyak 17 (89,47%) siswa sudah tuntasBerdasarkan hasil penelitian di atas, hasil belajar pendidikan kesehatan pada materi makanan bergizi melalui penggunaan media animasi audio visual pada siswa kelas III SD Negeri Winongo sudah lebih dari 75% siswa mencapai KKM.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.