Afirmasi positif: Booster untuk meminimalisir hambatan belajar siswa sekolah dasar

Siti Annisa Nur Wahiddah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
J. Julia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Afirmasi secara psikologis sangat kuat dalam mempengaruhi perubahan positif terhadap pribadi seseorang. Salah satu teknik pemberian afirmasi dapat menggunakan kalimat positif, pujian, apresiasi, atau hadiah visual sederhana yang disukai oleh seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari pemberian afirmasi positif  dalam membantu meminimalisir hambatan belajar yang dirasakan oleh siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi lapangan, wawancara, dan kuesioner. Observasi dilakukan kepada salah satu kelas 2 SD di Kota Bandung di mana partisipan merupakan guru wali kelas (wanita) dengan 28 siswa (18 laki-laki dan 10 perempuan), wawancara dilakukan kepada guru wali kelas 2 dan kuesioner melalui google form disebarkan kepada 12 orang tua (tiga pria dan 8 wanita) dan kepada 6 guru (tiga pria dan tiga wanita). Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan analisis induktif untuk mengidentifikasi tema bahasan yang timbul dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian didapatkan bahwa afirmasi positif dapat memberikan dampak baik bagi guru maupun siswa. Kepada siswa, afirmasi positif yang dilakukan orang tua dan guru dapat membantu mengatasi hambatan belajar. Kepada guru, afirmasi positif dapat menjadi bentuk evaluasi diri untuk memberikan pembelajaran yang lebih baik.

 

Positive affirmations: Booster to minimize learning obstacles for elementary school students


Affirmations are psychologically powerful in influencing positive changes in a person's personality. One of the techniques of giving affirmations can be using positive sentences, compliments, appreciations, or simple visual gifts that a person likes. This study aims to analyze the impact of providing positive affirmations in helping to minimize learning barriers felt by elementary school students. The research method applied uses qualitative research with a case study research design. The instruments used in the study were field observations, interviews, and questionnaires. Observations were made to one of the 2nd graders of elementary schools in the city of Bandung where participants were homeroom teachers (women) with 28 students (18 men and 10 women), interviews were conducted with the homeroom teachers of grade 2, and questionnaires through google form were distributed to 12 parents (three men and 8 women) and 6 teachers (three men and three women). The collected data were then analyzed on an inductive basis to identify the theme of the discussion arising from the research result. The results of the study found that positive affirmations can have an impact on both teachers and students. To students, positive affirmations made by parents and teachers can help overcome learning barriers. To teachers, positive affirmations can be a form of self-evaluation to provide better learning.


Keywords


pendekatan afirmasi; hambatan belajar; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi orangtua mengatasi kejenuhan anak belajar dari rumah selama pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740.

Agustiningtyas, P., & Surjanti, J. (2021). Peranan teman sebaya dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar di masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 794–805.

Alkadri, T., Dahen, L. D., & Verawati, R. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, kepercayaan diri, penguatan positif, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS melalui motivasi sebagai variabel intervening di SMAN 1 Airpura kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(2), 232–249.

Alwasilah, A. C. (2022). Pokoknya studi kasus: Pendekatan kualitatif. Kiblat Buku Utama.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80–86.

Badruttamam, C. A. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap peserta didik. CENDEKIA, 10(02), 123–132.

Bambaeeroo, F., & Shokrpour, N. (2017). The impact of the teachers’ non-verbal communication on success in teaching. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 5(2), 51–59.

Dewanti, S. R., & Novitasari, Z. (2020). Examining guidance and counseling students interpersonal communication skill based on semester level. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 129–136.

Dewanti, S. R., Ramli, M., & Rahmawati, N. R. (2018). Pengembangan paket bimbingan rasa hormat untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 365–370.

Farichah, Z. (2021). Peran guru dalam menumbuhkan semangat belajar anak usia dini melalui pembelajaran afektif di TK PGRI Putat Kumpul Lamongan. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fathurrochman, I. (2021). Online evaluation system in the pandemic disruption in madrasah: Opportunities and challenges based on qualitative report. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 184–197.

Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). Analisis gangguan psikososial dan emosional AUD di RA Nurul Iman Medan Belawan selama pembelajaran berbasis daring. Kumara Cendekia, 8(3), 316. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44282

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 93–102.

Firdaus, M., Yunus, M., & Andari, K. D. W. (2020). Deskripsi pemberian penguatan guru terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V di SDN 011 Tarakan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 116–129.

Fitria, R. D., Muswardi, M., & Mayasari, S. (2017). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(4).

Gultom, S. D. A. (2022). Episteme PTM (Pertemuan Tatap Muka) SMA Kristen di masa Covid-19. Biokultur, 11(1), 73–84.

Haris, M. (2018). Pendekatan psikologi dalam studi Islam. Palita: Journal of Social Religion Research, 2(1), 73–90.

Hendri, H. (2019). Peran pola asuh orang tua terhadap pembentukan konsep diri pada anak. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 56–71.

Hidayat, E. N. (2020). Upaya peningkatan motivasi belajar PPKN melalui pendekatan apresiasi siswa kelas VIII. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(2), 93–100.

Lubis, F. A. S., Bakhtiar, Y., & Saleh, A. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap minat belajar siswa di desa Neglasari. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(6), 919–924.

Makhmudah, S. (2018). Penguatan peran keluarga dalam pendidikan anak. Martabat, 2(2), 269–286.

Mansir, F. (2018). Pendekatan psikologi dalam kajian pendidikan islam. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 61–73.

Mantasiah, R., Yusri, Sinring, A., & Aryani, F. (2021). Assessing verbal positive reinforcement of teachers during school from home in the Covid-19 pandemic era. International Journal of Instruction, 14(2), 1037–1050. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14259a

Maspupah, R., Violina, S. S., Diva, V. V., & Rahman, S. (2021). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi dan school well being pada pelajar di Indonesia. PSIKOWIPA (Psikologi Wijaya Putra), 2(2), 18–25.

Mirahmadizadeh, A., Ranjbar, K., Shahriarirad, R., Erfani, A., Ghaem, H., Jafari, K., & Rahimi, T. (2020). Evaluation of students’ attitude and emotions towards the sudden closure of schools during the COVID-19 pandemic: a cross-sectional study. BMC Psychology, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s40359-020-00500-7

Mokodompit, I. S. (2020). Home visit sebagai refleksi kurikulum darurat Covid-19: Kesiapan guru, respon siswa, materi dan hasil belajar di madrasah tsanawiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 119–131.

Munhall, P. (2012). Nursing research. Jones & Bartlett Learning.

Palupi, T. N. (2020). Tingkat stres pada siswa-siswi sekolah dasar dalam menjalankan proses belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan Sdm, 9(2), 18–29.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi metode home visit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD pada masa pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902.

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya.

Rahmi, M. (2020). Penguatan peran keluarga dalam mendampingi anak belajar di masa pandemi covid-19. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 81–105.

Ramadhan, I., Nugraha, T. J., Firmansyah, E., Alkahfy, R., & Rian, R. (2021). Perubahan proses pembelajaran tatap muka pasca pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93.

Ramadhani, Y. R., Subakti, H., Masri, S., Brata, D. P. N., Salamun, S., Walukow, D. S., Haeruman, L. D., Sianipar, L. K., Sanjaya, L. A., & Fidhyallah, N. F. (2022). Pengantar strategi pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Ranjbar, K., Hosseinpour, H., Shahriarirad, R., Ghaem, H., Jafari, K., Rahimi, T., Mirahmadizadeh, A., & Hosseinpour, P. (2021). Students’ attitude and sleep pattern during school closure following Covid-19 pandemic quarantine: A web-based survey in South of Iran. Environmental Health and Preventive Medicine, 26(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12199-021-00950-4

Santi, N. N., & Khan, R. I. (2019). Pengaruh dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas III sekolah dasar. JPDN Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 191–198.

Sari, R. K. (2017). Kewajiban belajar dalam tinjauan hadits Rasulullah SAW. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Sawitri, S. (2021). Covid-19: Tingkat stres belajar anak-anak di daerah terpencil. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 101–124.

Sholeh, A., Endah-H, D., & Adhi-P, S. (2019). Bentuk ketegasan dalam proses pembelajaran “Dampak sanksi terhadap kedisiplinan siswa di SDN Kaliwiru Semarang". JANACITTA: Journal of Primary and Children’s Education, 2(2). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

Syahroni, I. (2021). Dampak penghargaan dalam pembelajaran IPS di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 37–44.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.

Trisnani, N., & Astuti, A. D. (2021). Penguatan peran orang tua dalam mengatasi kejenuhan belajar anak selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 97–106.

Ulfa, M. (2020). Peran keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28.

Ustha, E. (2018). Analisis faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa berkeinginan menjadi wirausaha di Pekanbaru (Studi kasus pada empat universitas di Pekanbaru). Tansiq: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/tansiq/article/view/3197

Utomo, K., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan masalah kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.

Zainiyah, R., Dewi, E. I., & Wantiyah, W. (2018). Pengaruh teknik relaksasi afirmasi terhadap stres mahasiswa yang menempuh skripsi di program studi ilmu keperawatan Universitas Jember. Pustaka Kesehatan, 6(2), 319–322.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50910

Refbacks



Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats