Penguatan Pendidikan Karakter pada Masa New Normal Covid-19 melalui Flipped Classroom

An-Nisa Apriani, Alma Ata University, Indonesia
Intan Kurniasari Suwandi, SD Negeri Margomulyo 1 Seyegan, Indonesia
Yusinta Dwi Ariyani, Alma Ata University, Indonesia
Indah Perdana Sari, Alma Ata University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran flipped classroom dalam penguatan karakter siswa sekolah dasar pada masa new normal Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi kepustakaan. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa buku-buku ilmiah, jurnal ilmiah, dan laporan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian meliputi tiga tahapan: organize, synthesize, dan identify. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa flipped classroom memiliki relevansi yang kuat dalam penguatan pendidikan karakter siswa pada masa new normal Covid-19. Aktivitas dalam flipped classroom meliputi kegiatan tatap muka dan pembelajaran online yang berfokus pada proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Aktivitas pembelajaran tersebut memberikan kesempatan pada siswa sekolah dasar secara lebih luas untuk mengembangkan nilai-nilai moral yang dimilikinya. Pendekatan ini juga mendukung siswa dalam membangun pengetahuan baru, belajar secara efektif dan efesien, dan memperkuat karakter siswa. Pembelajaran melalui flipped classroom mendukung tercapainya tujuan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada masa new normal Covid-19. Salah satu nilai utama PPK yang dapat meningkat dan berkembang melalui pendekatan flipped classroom yaitu nilai kemandirian.

 

Strengthening Character Education in New Normal Covid-19 Periode through Flipped Classroom

 

This study aims to describe the role of flipped classrooms in strengthening the character of elementary school students during the new normal covid-19 period. The method used in this research is library research. The data in this research is secondary data in the form of scientific books, scientific journals, and research reports. The data analysis technique in this research includes three stages: organize, synthesize, and identify. The results of this study indicate that the flipped classroom has strong relevance in strengthening the character education of students during the new normal Covid-19 period. Activities in the flipped classroom include face-to-face activities and online learning that focus on student-centered learning processes. These learning activities provide opportunities for elementary school students to a wider extent to develop their moral values. This approach also supports students in building new knowledge, learning effectively and efficiently, and strengthening student character. Learning through flipped classrooms supports the achievement of the objectives of the Penguatan Pendidikan Karakter’s program (PPK) during the new normal Covid-19 period. One of the main values of PPK’s program that can improve and develop through the flipped classroom approach is the value of independence.


Keywords


penguatan pendidikan karakter; masa new normal Covid-19; Flipped Classroom

Full Text:

PDF

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh covid-19 terhadap penerapan pendidikan karakter dan pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107-115. Doi:10.37680/qalamuna.v12i2.407.

Admin. (2020). Materi edukasi masyarakat umum: Adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman covid-19. Diakses dari https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/adaptasi-kebiasaan-baru-menuju-masyarakat-produktif-dan-aman-covid-19, pada 5 Agustus 2021, pukul 13.59.

Ahmed, M. M. H., & Indurkhya, B. (2020). Investigating cognitive holding power and equity in the flipped classroom, 6(e04672), 1-9. Doi: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04672.

Anshori, I. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63-74. doi:10.21070/halaqa.v1i2.1243.

Apriani, A.N. (2019). Living values education program: penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik. Yogyakarta: K-Media.

Apriani, A.N., Sari, I. P., & Suwandi, I. K. (2017). Pengaruh living values education program (lvep) terhadap penanaman karakter nasionalisme siswa sd dalam pembelajaran tematik. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(2), 102-112. Doi:10.30738/tc.v1i2.1947.

Baker, J.W. (2016). The origins of “the classroom flip". Paper presented at the 1st Annual Higher Education Flipped Learning Conference, Greeley, Colorado. Retrieved from https://digscholarship.unco.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1058&context=heflc#pag%0Ae=21%0A, at October 23, 2020, 06.19.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flipped your classroom: reach every student in every class every day. Retrieved from http://www.ascd.org/Publications/Books/Overview/Flip-Your-Classroom.aspx.

Bhat, S., Raju, R., Bhat, S. & D’Souza, R. (2020). Redefining quality in engineering education through the flipped classroom model. Procedia Computer Science, 172, 906-914. Doi: https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.131.

Budiman. (2017). Infografis: gerakan penguatan pendidikan karakter (ppk). Retrieved from cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/content/download/44, diakses pada 23 Oktober 2020, pukul 06.19.

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi flipped classroom dengan video tutorial pada pembelajaran fotografi komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 2(1), 20-36. doi:10.25124/demandia.v2i01.772.

Mustikaningrum, G., Linda, P., Buamona, S.A.M.U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi pendidikan karakter terintegrasi kurikulum dan metode pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. doi:10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.

Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K., & Arfstorm, K. M. (2013). A review of flipped learning. flipped learning network. Retrieved from https://flippedlearning.org/wp-content/uploads/2016/07/LitReview_FlippedLearning.pdf, diakses pada 25 Oktober, 2020, pukul 07.19.

Harahap, N. (2014). Penelitian kepustakaan. Jurnal Iqra’, 8(1), 68-73. Http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/download/65/245.

Hastuti, W. D. (2020). Membangun motivasi dan kemandirian peserta didik berkebutuhan khusus melalui flipped classroom di masa new normal covid-19. Paper presented at the Webinar Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo. Retrieved from https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/367/328, 8 September 2020, pukul 13.01.

Hendarman et al. (2019). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Jakarta: Tim PPK Kemendikbud.

Kemdikbud. (2020). Kemendikbud terbitkan pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah, pada 18 November 2020, pukul 11. 41.

Kemendikbud. (2017). Kajian dan pedoman penguatan pendidikan karakter (ppk). Diakses dari http://repositori.kemdikbud.go.id/10119/, pada 18 November 2020, pukul 14. 41

Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 36–39. Http://repository.uinsu.ac.id/640/.

Kim, S. H., Park, N. H., & Joo, K. H. (2014). Effects of flipped classroom based on smart learning on self-directed and collaborative learning. International Journal of Control and Automation, 7(12), 69-80. Doi:10.14257/ijca.2014.7.12.07.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 7-13. Doi: 10.30595/.v1i1.7927.

McLaughlin, J. E., Roth, M. T., Glatt, D. M., Gharkholonarehe, N., Davidson, C. A., Griffi L. M., & Mumper, R. J. (2014). The flipped classroom: A course redesign to foster learning and engagement in a health professions school. Academic Medicine, 89(2), 236–243. Doi: 10.1097/ACM.0000000000000086.

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. Doi:10.23969/symmetry.v3i2.1251.

Munfaridah. (2017). Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk melatih kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/21340/.

Rafsanjani, A. I. (2020, July 27). Kebijakan pendidikan di era new normal. Doi:10.31219/osf.io/29v6a.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19. Doi:10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Shaleh, A. M. (2020). Problematika kebijakan pendidikan di tengah pandemi dan dampaknya terhadap proses pembelajaran di Indonesia. Doi:10.31219/osf.io/pg8ef.

Shaleh, A. M. & Miswar. (2020). Urgensitas pendidikan akhlak bagi anak usia dasar (Studi era darurat covid 19). Tazkiya, IX(2), 92-107. Retrieved from http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/836/632.

Strayer, J. F., Hart, J. B., & Bleiler-Baxter, S. K. (2016). Flipped classroom. the Mathematics Teacher, 109(9), 662–668. Doi:10.5152/tcb.2015.064.

Sudarmika, P., Santyasa, I. W., & Divayana, D. G. H. (2020). Comparison between group discussion flipped classroom and lecture on student achievement and student characters. International Journal of Instruction, 13(3), 171–186.

Sukmadinata. (2011). Metode penelitian. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Susiloningsih, W. (2020). Pendidikan karakter sekolah dasar di era new normal. INVENITA, 4(2), 199–205. Doi:10.36456/inventa.4.2.a2731.

Taylor, D. (n.d.). The literature review: a few tips on conducting it. Retrieved from https://www.coursehero.com/file/69653890/The-Literature-Review-A-Few-Tips-On-Conddocx/.

Trimantara, H. (2020). Urgensi penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar pada era revolusi industri 4.0. Paper presented at the Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, Bandar Lampung. Retrieved from http://stkippgribl.ac.id/proceeding/index.php/semnas/article/view/76, February 6, 2020, pukul 13.14.

Tuasikal. (2020). Kombinasi belajar online-offline dinilai lebih efektif untuk tahun ajaran baru. Retrieved from https://www.voaindonesia.com/a/kombinasi-belajar-online-offline-dinilai-lebih-efektif-untuk-tahun-ajaran-baru/5466714.html, 18 November 2020, pukul 21.30.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.37909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats