Model pendidikan karakter untuk membangun potensi harmoni sosial anak usia dini di Yogyakarta

Harun Harun, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan potensi harmoni sosial anak usia dini dalam pembelajaran di TK kota yogyakarta, dalam rangka membangun dan memantau perkembangan kemampuan harmoni sosial, harmoni budaya anak, serta memiliki kematangan sosial-emosional yang mandiri dan berbudaya. Penelitian ini dirancang untuk dilakukan dalam tiga tahun. Pada tahun pertama peneliti mengadopsi model research, development, and diffussion, yang meliputi penelitian pendahuluan, studi hasil penelitian, analisis kurikulum, dan penyusunan prototype model. Riset pendahuluan untuk memperoleh informasi model pendidikan karakter dalam membangun potensi harmoni sosial anak usia dini. Analisis yang dilakukan pada tahan ini untuk mengetahui dan memetakan standar kompetensi dan indikator pencapaian dalam rangka untuk menjaring need assessment sebagai dasar merancang prototype model pendidikan untuk membangun harmoni sosial anak usia dini di Yogyakarta. Hasil penelitian pada tahun pertama ini menunjukkan bahwa harmoni sosial anak usia dini dibangun atas dasar kejujuran yang ditampilkan anak, ungkapan isi hati, tidak saling menyakiti, tolong menolong, tidak saling berebut untuk berbicara, tidak saling menyakiti antar teman, serta terbentuknya budaya antri dalam berbagai kegiatan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats