PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V

Indaryati Indaryati, SD Negeri Glagah Kota Yogyakarta, Indonesia
Jailani Jailani, Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media berupa komik pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang terdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan awal,  (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SDN Glagah Yogyakarta. Subjek uji coba satu-satu terdiri atas tiga orang siswa. Subjek uji coba kelompok kecil terdiri atas sembilan orang siswa yang belum terlibat dalam uji coba satu-satu, dan subjek uji lapangan terdiri atas 54 orang siswa dari kelas VB dan kelas VC yang tidak ikut dalam uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan ini mendapatkan penilaian dari para ahli dengan kategori “baik”, penilaian guru dan siswa yang menggunakan media komik menyatakan praktis, sehingga media pembelajaran ini layak digunakan. Hasil uji lapangan menunjukkan media komik pembelajaran matematika yang digunakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,65 tergolong dalam kategori sedang menurut skala gain, sedangkan prestasi belajar siswa sebesar 0,73 tergolong dalam kategori tinggi menurut skala gain.

____________________________________________________________________________________________________________________________________

DEVELOPING COMIC MEDIA FOR THE TEACHING OF MATHEMATICS TO ENCHANCE THE MOTIVATION AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES GRADE V

ABSTRACT

This research aims to produce a product in the form of mathematics teaching comics which can improve motivation and learning achievement of students of grade V of SD. This research is research and development study consisting of nine stages, namely: (1) research and data collection, (2) planning, (3) developing the draft product, (4) the initial field trial, (5) revising the test results (6) field trials, (7) refinement of the results of field trials of the products, (8) implementation of the field test, and (9) improvement of the final product. The subjects were students of SDN Glagah Yogyakarta. The subjects of the trial consisted of three students. The trial subjects test consisted of nine students did not involve in the one-on-one trial, and the field test subjects consisted of 54 students from classes VB and VC which were not participate one on one trial test and small group trial. The developed media gained result from the experts who considered it good, the assesment of students and teachers showed that the comic media was practice and feasible. Based on the field test the comic media of mathematics learning could improve learning motivation of 0.65 as moderate  category, the learning performances was 0.73 as high category according to gain scale.

Keywords: comics media development, motivation and learning achievement

Keywords


pengembangan media; komik; motivasi; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Bell, F.H. (1981). Teaching and learning mathematics (in secondary schools). Lowa: Wm. C. Brown Company

Borg, W. & Gall, M. (1983). Educational research: An introduction 4th edition. New York. Longman Inc

Brown, T. & McNamara, O. (2005). New teacher identity and regulative goverment the discursive formation of primary mathematics teacher education. New York: Springer Science Business Media, Inc

Depdiknas. (2007). Pedoman memilih menyusun bahan ajar dan teks mata pelajaran. Jakarta: BSNP.

Ebel, RL. (1979). Essentials of educational measurement (3thed.). Englewood Cliffs: Prenctice. Hall.Inc

Hamalik, O. (2013) Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kennedy, L.M. et.al, (2008). Guiding children’s learning of mathematics. California: Thomson.

Ormrod, J.E. (2003). Educational psychology developing learner (4 ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.

Pujiati. (2008). Permasalahan pembelajaran jarak, waktu dan kecepatan serta alternatif pemecahannya di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Sasongko. (2013). Panen duit dari kartun, komik, ilustrasi. Klaten: Pustaka Wasilah

Schunk, D.H. et. al, (2010). Motivation in education. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.

Skemp. (1971). The psychology of learning mathematics. Victoria: Penguins Books.

Slavin, R.E. (2011). Psikologi pendidikan: teori dan praktik edisi ke-9. (Terjemahan Marianto Samosir). Jakarta Barat: PT Indeks. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Uno, H.B. (2014). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardjo. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats