EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KULON PROGO
Udik Budi Wibowo, Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter pada tingkat sekolah dasar di Kabupaten Kulon Progo, (2) memberikan rekomendasi baik kepada guru, sekolah, maupun pemerintah untuk perbaikan program pendidikan karakter. Jenis penelitian adalah evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi: (1) empat sekolah dasar di Kabupaten Kulon Progo, yaitu SDN 4 Wates, SDN 6 Bendungan, SDN Kriyan, dan SDN Selo; (2) Pengawas SD Kecamatan Kokap dan Pengawas SD Kecamatan Wates; dan (3) Di-nas Pendidikan Kulon Progo. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data Milles & Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan sekolah dasar di Kabupaten Kulon Progo untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter belum tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.
A PROGRAM EVALUATION OF CHARACTER EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL OF KULON PROGO REGENCY
ABSTRACT
This study aims to: (1) evaluate the progress of character education program in the elementary schools in Kulon Progo Regency, and (2) give recommendation to teachers, schools, and the government about the character education program’s improvement. This research used a program evaluation of Scriven’s formative evaluation model with the qualitative approach. The research subjects comprised: (1) four elementary schools in Kulon Progo, i.e. SDN 4 Wates, SDN 6 Bendungan, SDN Kriyan, and SDN Selo, (2) elementary school’s superintendents of Wates and Kokap, and (3) the education department of Kulon Progo. This research used the qualitative data analysis from Miles & Huberman, consisting of data reduction, data display, and verification. The conclusions of this study are that: (1) the readiness of school for implementing character education is good, assessed from their curriculum integrated with character education, but still not good enough in terms of facility management, and the number of teachers in need of more knowledge and skills about character education; (2) the implementation of character education does not happen yet in the classroom learning activities; (3) the sample schools consider that the support from the government is insufficient especially for character education training; (4) the monitoring and evaluation of character education are still limited to the curriculum and done by the school’s superintendents; and (5) the constraints at character education are undocumented students’s behavior assessment, lack of teacher’s understanding to implement the character education, and there is no synergy between education at school and education at home.
Keywords: program evaluation, character education, elementary schoolKeywords
Full Text:
PDFReferences
Easterbrooks, S. R. & Scheets, N. A. (2004). Applying critical thinking skill to character education and values clarification with student who are deaf or hard hearing [Versi elektronik]. American Annals of the Deaf, Vol 149, No. 3, pp.255-263.
Horn, S. S., Daddis, C., & Killen, M. (2008). Peer relationships and social groups: implications for moral education. Dalam Nucci, Larry P. & Narvaez, Darcia (Eds), Handbook of Moral and Character Education. (pp.267-287). New York: Routledge.
Kemdiknas. (2010). Kerangka acuan pendidikan karakter tahun anggaran 2010. Jakarta: Kemdiknas.
Kemdiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kemdiknas. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter (berdasarkan pengalaman di satuan pendidikan rintisan). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Koesoema, D. (2012). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Kuntadi. (29 April 2010). Wah, anak sd pesta miras. Diakses tanggal 22 Juli 2012, dari http://news.okezone.com/read/ 2010/04/29/340/327436/wah-anak-sd-pesta-miras.
Kuntadi .(30 Juli 2012). Curi motor, pelajar ini ditangkap saat salat tarawih. Diakses tanggal 31 Juli 2012, dari http://jogja.okezone.com/read/2012/07/30/513/670611/curi-motor-pelajar-ini-ditangkap-saat-salat-tarawih.
Lickona, T. (2001). What is good character? [Versi Elektronik]. Reclaiming Chidren and Youth, 5, 239-251.
Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.
Madaus, G. F., Scriven, M. S., & Stufflebeam, D. L. (1986). Evaluation model, viewpoint on educational and human services evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.
Manery, R. (2010). Philosophy of education. London: Sage.
Razak, A. H. (12 Desember 2011). Pernikahan di bawah umur meningkat di Kulon Progo. Diakses tanggal 22 Juli 2012, dari http://www.harianjogja.com/baca/ 2011/12/12/pernikahan-di-bawah-umur-meningkat-di-kulonprogo-151144.
Santrock, J. W. (2010). Psikologi pendidikan (edisi 2). (Terjemahan Tri Wibowo B.S). USA: Mc Graw – Hill Company, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2004).
Schunk, D. H., Printrich, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in education: theory, research, and applications (3rd ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi program dan instrumen evaluasi untuk program pendidikan dan penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Thalib, S. B. (2010). Psikologi pendidikan berbasis analisis empiris dan aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triatmanto. (2010). Tantangan implementasi pendidikan karakter di sekolah. Cakrawala Pendidikan, Th XXIX,187-203
DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |