HUBUNGAN MUTU GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN STATUS EKONOMI GURU DENGAN KINERJA GURU SD KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR
Cepi Safruddin Abdul Jabar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu guru dengan kinerja guru, hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, hubungan status ekonomi (SE) guru dengan kinerja guru, dan hubungan bersama-sama antara mutu guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan SE guru dengan kinerja guru di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara mutu guru dengan kinerja guru, nilai koefisien r sebesar 0.446, koefisien r2 sebesar 0.199, besar sumbangan sebesar 19.9 % dan p (signifikan) sebesar 0.000; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, nilai koefisien R sebesar 0.569, koefisien R2 sebesar 0.323, besar sumbangan 32.3% dan p (signifikan) sebesar 0.006; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara SE dengan kinerja guru, nilai koefisien r sebesar 0.214 sedangkan koefisien R2 sebesar 0.046; besar sumbangan 4.6% dan nilai p (signifikan) sebesar 0.014; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara mutu guru, kepemimpinan kepala sekolah dan SE dengan kinerja guru, nilai korelasi R sebesar 0.769, koefisien r2 sebesar 0.591, besar sumbangan 59.1% dan nilai signifikan sebesar 0.001.
Kata Kunci: mutu, kepemimpinan, SE, dan kinerja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |