HUBUNGAN MUTU GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN STATUS EKONOMI GURU DENGAN KINERJA GURU SD KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR

Muh. Yazid, , Indonesia
Cepi Safruddin Abdul Jabar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu guru dengan kinerja guru, hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, hubungan status  ekonomi (SE) guru dengan kinerja guru, dan hubungan bersama-sama antara mutu guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan SE guru dengan kinerja guru di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang  positif dan signifikan antara mutu guru dengan kinerja guru, nilai koefisien r sebesar 0.446, koefisien r2 sebesar 0.199, besar sumbangan sebesar 19.9 % dan p (signifikan) sebesar 0.000; (2) ada hubungan yang positif  dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, nilai koefisien R sebesar 0.569, koefisien R2 sebesar 0.323, besar sumbangan 32.3% dan p (signifikan) sebesar 0.006; (3) ada hubungan yang positif  dan signifikan antara SE dengan kinerja guru, nilai koefisien r sebesar 0.214 sedangkan koefisien R2 sebesar 0.046; besar sumbangan 4.6% dan nilai p (signifikan) sebesar 0.014; (4) ada hubungan positif dan signifikan antara mutu guru, kepemimpinan kepala sekolah dan SE dengan kinerja guru, nilai korelasi R sebesar 0.769, koefisien r2 sebesar 0.591, besar sumbangan 59.1% dan nilai signifikan sebesar 0.001.

Kata Kunci: mutu, kepemimpinan, SE, dan kinerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Prima Edukasia indexed by:

All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927

Creative Commons LicenseJurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Prima Edukasia Journal Stats