PENGARUH CARA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012
Sukanti Sukanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Cara Belajar terhadapPrestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran2011/2012; (2) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi BelajarAkuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012; (3) PengaruhCara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap PrestasiBelajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif, populasi dalam penelitian iniberjumlah 118 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012, sampelyang digunakan sejumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dandokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 28 responden. Uji validitas menggunakanrumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumusAlpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas.Teknik analisis data terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Tingkatsignifikansi hasil analisis ditentukan 5%.Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) CaraBelajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa KelasXI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx1y sebesar0,587; r2x1y sebesar 0,345; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,806 >1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,508X1 + 48,107; (2) Penggunaan MediaPembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi SiswaKelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx2ysebesar 0,500; r2x2y sebesar 0,250; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (5,420> 1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,404X2 + 55,393; (3) Cara Belajar danPenggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikanterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran2011/2012 dengan ditunjukkan harga Ry(1,2) sebesar 0,635; R2y(1,2) sebesar 0,404; Fhitung lebihbesar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% (29,461 > 3,101) dan persamaan regresi ganda Y =0,398X1 + 0,225X2 + 42,190. Sumbangan Efektif (SE) sebesar 40,4% dimana sumbanganefektif dari Cara Belajar sebesar 25,97% dan Penggunaan Media Pembelajaran sebesar14,43%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.