IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Istiningrum Istiningrum, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukanti Sukanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yangbertujuan meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa melalui implementasi modelpembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam Kompetensi KeahlianAkuntansi pada siswa kelas X Ak.2 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data hasil observasi dianalisisdengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif ini dilakukan denganmembandingkan persentase skor Aktivitas Belajar Akuntansi siswa pada saat siklus 1 dansiklus 2. Analisis data kualitatif dilakukan dengan teknik analisis interaktif yang terdiri atas 3komponen kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansidalam Kompetensi Keahlian Akuntansi pada siswa kelas X Ak.2 SMK YPKK 2 SlemanTahun Ajaran 2011/2012 yang dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata Aktivitas Siswasebesar 24,60% dari sebelum implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHeads Together sebesar 32,74% meningkat menjadi 57,34% pada siklus 1. Selanjutnya darisiklus 1 ke siklus 2 juga terjadi peningkatan sebesar 36,49% atau diperoleh skor rata-rataAktivitas Siswa pada siklus 2 sebesar 93,83%. Hal ini juga menunjukkan bahwa skor ratarataAktivitas Siswa pada siklus 2 sudah mencapai target indikator keberhasilan. Indikatorkeberhasilan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 80%.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Aktivitas Belajar Akuntansi siswa,SMK YPKK 2 Sleman.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.