IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012

Febrian Widya Kusuma, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mimin Nur Aisyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi danmengetahui respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair Share pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam duasiklus dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran2011/2012 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan antara lainanalisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan, serta analisisdata kuantitatif yakni penilaian aktivitas belajar Akuntansi dan respons siswa terhadapimplementasi pembelajaran Think Pair Share.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitasbelajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi yang diperoleh dari indikatormembaca materi, mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman, mengemukakan pendapatatau gagasan saat diskusi kelompok atau presentasi kelompok, menanggapi pendapat oranglain, memperhatikan atau mendengarkan penjelasan materi dari guru dan teman lain,membuat catatan, melakukan diskusi dalam kelompok, mengerjakan tugas yang telahdiberikan oleh guru, dan kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompokmenunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar Akuntansi yakni65,32% pada siklus I menjadi 88,55% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar Akuntansijuga terlihat dari skor rata-rata angket yang menujukkan angka sebesar 75,42% pada siklus I,dan meningkat menjadi 91,75% pada siklus II. Hasil wawancara untuk aktivitas belajarAkuntasi menunjukkan bahwa selama pembelajaran berlangsung, seluruh indikatormenunjukkan skor di atas 75%. Respons siswa terhadap pembelajaran Think Pair Shareadalah positif. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dipeoleh dari angket denganmenggunakan empat indikator respons yakni ketertarikan, manfaat, kendala, serta harapandan saran untuk model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan skor rata-rata 76,43%.Hasil angket ini juga didukung dari hasil wawancara yang diperoleh. Hasil wawancara dariseluruh indikator respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare menunjukkan skor di atas 90%.Kata kunci : aktivitas belajar Akuntansi, respons, TPS, SMA Negeri 2 Wonosari

Full Text:

PDF ()


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.