Dampak Menerapkan Media Pembelajaran Interaktif Calisbar terhadap Prestasi Belajar Siswa
Ketut Agustini, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Gede Saindra Santyadiputra, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR dengan siswa yang belajar menggunakan media LKA (Lembar Kerja Anak) pada tema Diri Sendiri di TK Kartika VII-3 Singaraja (2) mengetahui respon siswa setelah menggunakan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR dengan tema Diri Sendiri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelompok B di TK Kartika VII-3 Singaraja. Sampel yang digunakan yaitu kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B2 yang digunakan kelas kontrol, dengan jumlah 34 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan lembar posttest untuk mengukur prestasi belajar, dan metode angket untuk mengukur respon siswa. Data prestasi belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat prestasi belajar yang lebih tinggi dalam pengaruh penggunaan media Pembelajaran Interaktif CALISBAR. Hasil analisis uji-t memperoleh thitung = 7,964 dan ttabel = 2,352 untuk dk sebesar 32 dengan taraf signifikan 5%, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak (2) respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Interaktif CALISBAR didapat persentase hasil akhir respon siswa adalah 81,18% yang tergolong dalam kategori sangat positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dhieni, N. (2010). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Diwangkara, I. K. S., Putrama, I. M., & Sunarya, I. M. G. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif 3 dimensi baca tulis bergambar. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 5.
Lubis, E., Fadillah, & Yuniarni, D. (2014). Pengaruh media audio visual terhadap peningkatan kosakata anak usia 4-5 tahun. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan, 1–11.
Margawati, Y. K. (2016). Pengaruh model pembelajaran kelompok terhadap kemampuan sosio emosional kelompok B. PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. CV. Alfabeta.
Putra, G. S. A. (2018). Pengaruh penggunaan media aplikasi edukasi smartkid dengan model pembelajaran kelompok terhadap hasil belajar anak kelompok B di TK Wangun Sesana. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha, 6.
Widyianto, A. (2016). Pengaruh Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sistem pengisian di SMK Negeri 1 Magelang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Windaviv, S. (2017). Pengaruh penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar anak di kelompok B TK Perwanida Rejoso Nganjuk. Skripsi Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 1–6.
Yusuf. (2014). Metode penelitian pendidikan kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29098
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Anak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats