Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar

Siti Asmonah, TK Aisyiyah Pembina Banguntapan, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk menguji empirik pengaruh model Direct Instruction berbantuan media kartu kata bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan di TK Aisyiyah Pembina Banguntapan, karena selama ini konsep membaca permulaan masih kurang dan pembelajaran selama ini sebatas dengan LKA, spidol dan papan tulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Pembina Banguntapan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan menggunakan model Direct Instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Aisyiyah Pembina Banguntapan. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Pra tindakan yang masuk kategori (BSB) 7 %, pelaksanaan tindakan siklus I (BSB) 7 %, tindakan pada Siklus II (BSB) 73 %, ada peningkatan dari siklus I ke siklus II, Keberhasilan tersebut di pengaruhi oleh model Direct Instruction Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar langkah langkahnya: (1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik. (2) Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan. (3) Membimbing pelatihan. (4) Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. (5) Memberikan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan, dengan diberi motivasi.

 

Abstract

This study aims to test empirically the influence of Direct Instruction Model Assisted by picture-word cards on improving early reading skill at kindergarten TK Aisyiyah Pembina Banguntapan. Early reading is somewhat neglected and learning has been limited to work sheets, markers, and whiteboards. This is classroom action research conducted in a participatory collaborative manner using the Kemmis’s and Mc. Taggart’s model. The subjects in this study were children of group B in kindergarten TK Aisyiyah Pembina Banguntapan. The object in this study is early reading skill using the Direct Instruction model aided by picture-word cards. The data were collected by means of observation. The data were then qualitatively and quantitatively analysed. The results showed an increase in early reading skill of group B, Kindergarten TK Aisyiyah Pembina Banguntapan. This increase occurred in each cycle. There was an improvement in children’s early reading skill in pre cycle, cycle I (7%), and cycle II (73%). This improvement was contributed, among others, by the Media Assisted Direct Instruction model with Picture word card involving the following steps: (1) conveying the objectives to the students and preparing them to reach the set objectives, (2) demonstrating knowledge or skills, (3) guiding and training, (4) checking students’ understanding and providing feedback, and (5) providing opportunities for further training.


Keywords


kemampuan membaca permulaan; model direct Instruction berbantuan media kartu kata bergambar

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arif, Z., & Napitupulu, W. P. (1997). Pedoman Baru Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Grasindo.

Agus, S. (2009). Cooperative learning: Teori & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Blanton. (2002). Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman, H. (2015). Keterampilan menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada.

Dhieni, N. (2008). Materi pokok metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan pengembangan sumber belajar untuk usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Hasan, A., dkk. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka

Moeslichatoen, R. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Nurhadi, (1987). Membaca cepat dan efektif. Bandung: Sinar Baru.

Ngalimun. (2017). Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu

Putra, S, (2008). Menumbuhkan minat baca sejak dini. Jakarta: PT Indeks.

Pritandhari, M. (2017). Implementasi model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif 5(1), 47–56.

Rahim, S. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, Y., & Euis, K. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Sadiman, A. S. (2008). Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana & Rivai, A. (2002). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sulaiman, A, H. (1985). Media audio visual untuk pengajaran, penerangan dan penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Susanto, A, (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Tarigan, H, G, (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Nomor 58. (2009) Tentang standar pendidikan anak usia dini




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats