Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.60747Keywords:
manajemen peserta didik, prestasi siswa, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP N 5 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan di di SMP N 5 Batusangkar. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan pembina ekstrakurikuler. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif Miles, Huberman, & Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP N 5 Batusangkar dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.References
Alhuda. 2020. Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi dan Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 208-219.
Asiah, N. 2017. Analisis Kemampuan Praktik Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Lintang Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1):22.
Astuti. 2021. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 113-144.
Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.
Gunawan, I., & Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Hadiyanto. 2013. Manajemen Peserta Didik Bernuansa Pendidikan Karakter. Jakarta: Al-Wasath.
Hamidah. 2018. Manajemen Peserta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. 6(2). 1-10
Mardianis. 2018. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Peserapan Metode Pembelajaran Problem terhadap Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(1), 11-18.
Rifa'i, M. 2018. Manajemen Peserta Didik. Medan: Widya Puspita.
Muspawi, M. 2020. Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744-750.
Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. 2016. Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, 1(3), 521-525.
Rohiat. 2010. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Rosyid, M. Z. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.
Shalahudin. 2021. Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta: Garudhawaca.
Selvia, B., Lian, B., & Sari, A. P. 2020. Penerapan Pembinaan Ekstrakurikuler dalam Kegiatan Pembelajaran Full Day School. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 152-167. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3763
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriatna & Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. 2018. Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Memengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Yazidi, A. 2013. Memahami Model-model Pembelajaran Kurikulum 2013 (The Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013). Bogor: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pakuan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.