Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.52354Keywords:
kinerja guru, kepemimpinan instruksional kepala sekolah, kompetensi profesionalAbstract
Kinerja guru dapat diartikan sebagai guru yang dapat menjalankan tugasnya secara profesional, guru harus dapat mengelola proses pembelajaran dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian: 1) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, dan 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Pendekatan penelitian eksplanatori. Jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian 259 guru dan sampel penelitian 157 guru. Pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Analisis regresi menunjukan bahwa kepemimpinan intruksional kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja gurudengan persamaan Ŷ=26,523+0,600X1 dengan pengaruh sebesar 54,1%, (2) analisis regresi menunjukan bahwa kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru dengan persamaan Ŷ=10,581+0,919X2 dengan pengaruh sebesar 75,6%, (3) analisis regresi menunjukan bahwa kepemimpinan intruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru dengan persamaan Ŷ=10,051+1,346X1+0,358X2 dengan pengaruh sebesar 78,4 %. Simpulan penelitian ini adalah kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional mempengaruhi kinerja guru sebesar 78,4%. Penulis menyarankan agar kepala sekolah melakukan pembinaan dan pengarahan, melakukan refleksi dan evaluasi, serta supervisi kepada guru untuk meningkatkan kinerja. Guru dapat mengikuti pelatihan dan seminar agar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.References
Eggen, P., & Kauchak, D. 2004. Educational psychology windows on classroom (6 th Ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Heryanto, I., & Danasasmita, W. M. 2019. Pengaruh kompetensi profesional dan motivasi eksternal terhadap kinerja guru SMK di Kota Bandung. Jurnal Computech & Bisnis.
Vol 13, No 2, Desember 2019, 135-143 ISSN 2442-49.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Kepemimpinan Pembelajaran, Materi Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Priansa, D. 2017. Kepala sekolah dan guru profesional. Bandung: Pustaka Setia.
Priansa, D. 2018. Kinerja dan kinerja guru. Bandung: Alfabeta.
Rathana, L., & Sutarsih, C. 2015. Pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(2), 95.
Rossow, L. F. & Warner, L. S. 1990. The principalship: dimensions in instructional leadership. Durham: Carolina Academic Press.
Sukmawati, C., & Herawan, E. 2016. Kepemimpinan instruksional kepala sekolah, komitmen guru dan mutu kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2), 73 -74.
Tarmudji, T., Partono, T., Kardoyo, & Oktarina, N. 2011. Etika dan kepribadian guru. Semarang: UNNES Press.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, T., & Suci, G. 2017. Pengaruh kompetensi profesional guru, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK 2 Kab. Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik (e): 2503-4790 | ISSN-Print (p): 2086-1117. Halaman 119.
Suhardan, D. 2010. Supervisi profesional layanan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era otonomi daerah. Bandung: Alfabeta.
Sulhabar, S A. 2019. Pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar se-Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.