Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan
Ngurah Ayu Nyoman M, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
Soedjono Soedjono, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eggen, P., & Kauchak, D. 2004. Educational psychology windows on classroom (6 th Ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Heryanto, I., & Danasasmita, W. M. 2019. Pengaruh kompetensi profesional dan motivasi eksternal terhadap kinerja guru SMK di Kota Bandung. Jurnal Computech & Bisnis.
Vol 13, No 2, Desember 2019, 135-143 ISSN 2442-49.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Kepemimpinan Pembelajaran, Materi Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Priansa, D. 2017. Kepala sekolah dan guru profesional. Bandung: Pustaka Setia.
Priansa, D. 2018. Kinerja dan kinerja guru. Bandung: Alfabeta.
Rathana, L., & Sutarsih, C. 2015. Pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(2), 95.
Rossow, L. F. & Warner, L. S. 1990. The principalship: dimensions in instructional leadership. Durham: Carolina Academic Press.
Sukmawati, C., & Herawan, E. 2016. Kepemimpinan instruksional kepala sekolah, komitmen guru dan mutu kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2), 73 -74.
Tarmudji, T., Partono, T., Kardoyo, & Oktarina, N. 2011. Etika dan kepribadian guru. Semarang: UNNES Press.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, T., & Suci, G. 2017. Pengaruh kompetensi profesional guru, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK 2 Kab. Penajam Paser Utara. Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik (e): 2503-4790 | ISSN-Print (p): 2086-1117. Halaman 119.
Suhardan, D. 2010. Supervisi profesional layanan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era otonomi daerah. Bandung: Alfabeta.
Sulhabar, S A. 2019. Pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar se-Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.52354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License