Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se-Kabupaten Pekalongan

Akhyat Hidayat, SMK Negeri1 Sragi, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
Ghufron Abdullah, Universitas PGRI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia

Abstract


Kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil belajar merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan (3) pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 265 guru yang tersebar di empat sekolah dengan sampel sejumlah 160 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 56,6% dengan dimensi yang paling lemah adalah taat aturan waktu, terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 8,9% dengan kelemahan pada dimensi motivasi intrinsik, dan terdapat pengaruh signifikan antara disiplin kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Pekalongan sebesar 56,2%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kedua variabel tersebut yaitu disiplin kerja dan motivasi kerja maka akan meningkatkan kinerja guru.


Keywords


disiplin kerja, motivasi kerja, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2), 223–236.

Anisa, F., & Yuliyanto, E. (2017). Analisis faktor yang memengaruhi pembelajaran kimia di SMA Teuku Umar Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Antara, P. A. (2019). Implementasi pengembangan karakter anak usia dini dengan pendekatan holistik. Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 17–26.

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02).

Ardimas, W., & Wardoyo, W. (2015). Pengaruh kinerja keuangan dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada bank go public yang terdaftar di BEI. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 57–66.

Ariyiliyanto, A. (2013). Motivasi kerja: Studi indigenous pada guru bersuku jawa di Jawa Tengah. Journal Of Social and Industrial Psychology, 2(2).

Azizah, J. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen KINERJA (Ejournal), 3(1), 57–63.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan profesional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru sekolah dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159.

Faradina, V. D., & Sojanah, J. (2018). Meningkatkan kinerja pegawai melalui lingkungan dan disiplin kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 8–18.

Fauziana, D. (2017). Pengaruh sarana dan prasarana sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak. IAIN Ponorogo.

Habsyi, I. (2020). Masa depan guru kemampuan kreatif dalam kompetensi. JUPEK: Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 46–62.

Kemendikbudristek. (2020). Sekolah kita. Retrieved January 25, 2021, from https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

Kurniawan, T. R., Wulan, H. S., & Wahyono, E. H. (2018). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (studi kasus pada guru SMK Teuku Umar Semarang). Journal of Management, 4(4).

Lusiana, N. P. M. (2019). Pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja tahun pelajaran 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 440–449.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan kelas: Upaya mengukur keberhasilan proses pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70.

Mailiana, M., & Hayati, D. (2022). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada pt harmoni mitra utama banjarmasin. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 49–68.

Mangkunegara, A. A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Musfiqon. (2012). Panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: PT Prestasi Pustaka Raya.

Norlena, I. (2015). Sekolah sebagai organisasi formal (hubungan antar struktur). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5 (2).

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.

Permatasari, J. (2015). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan (studi pada PT BPR Gunung Ringgit Malang)’’. Jurnal Administrasi Bisnis(JAB), (01).

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pribadi, R. E. (2017). Implementasi sustainable development goals (sdgs) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Papua. E-Journal Ilmu Hubungan Internasional, 5(3).

Prihantoro, A. (2012). Peningkatan kinerja sumber daya manusia melalui motivasi, disiplin, lingkungan kerja dan komitmen, value added. Jurnal EMBA, 8(2).

Priyono, Elqadri, W., & Wardoyo, D. T. W. (2015). The Influence of motivation and discipline work against employee work productivity tona’an markets. Review of European Studies, 7(12).

Pudjiastuti, E., & Sriwidodo, U. (2011). Pengaruh kompetensi, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja SMP Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Jurnal Sumber Daya Manusia, 5(2), 120–131.

Puspendik Kemendikbudristek. (2020). Laporan Hasil Ujian Nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Retrieved January 25, 2021, from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id

Roeleejanto, C., Brasit, N., Payangan, O. R., & Pahlevi, C. (2015). Effects of leadership, competency, and work discipline on the application of total quality management and employees’ performance for the accreditation status achievement of government hospitals in Jakarta, Indonesia. Scientific Research Journal (SCIRJ), 3(11), 14–24.

Selamet, M. (2017). Pengaruh kompetensi supervisi manajerial dan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru (studi deskriptif kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 73–86.

Sitepu, I. D. P. B. (2019). Analisis pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Binjai. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

SMK Negeri 1 Karangdadap. (2021). Dokumen Penilaian Kinerja Guru SMK Negeri 1 Karangdadap. Pekalongan: SMK Negeri 1 Karangdadap.

SMK Negeri 1 Kedungwuni. (2021). Dokumen Penilaian Kinerja Guru SMK Negeri 1 Kedungwuni. Pekalongan: SMK Negeri 1 Kedungwuni.

SMK Negeri 1 Lebakbarang. (2021). Dokumen Penilaian Kinerja Guru SMK Negeri 1 Lebakbarang. Pekalongan: SMK Negeri 1 Lebakbarang.

SMK Negeri 1 Sragi. (2021). Dokumen Penilaian Kinerja Guru SMK Negeri 1 Sragi. Pekalongan: SMK Negeri 1 Sragi.

Suastika, N., Sedana, I. M., & Gata, I. W. (2022). Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah berbasis nilai-nilai tri hita karana dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di Gugus VIII Kecamatan Sawan. JURDIKSCA: Jurnal Pendidikan Agama Hindu Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 1–10.

Suci, R. P., & Idrus, M. S. (2015). The influence of employee training and discipline work against employee performace PT. Merpati Nusantara Airlines (Persero). Rev. Eur. Stud., 7, 7.

Sugiyo, S. (2021). Pengaruh kompetensi, motivasi, dan komunikasi dosen terhadap hasil pembelajaran praktik Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 6(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryadi, R. N. (2020). Pengaruh budaya organisasi, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri Di Kota Makassar. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 1(1), 14–28.

Tumilaar, B. R. (2015). The effect of discipline, leadership, and motivation on employee performance at bpjs ketenagakerjaan Sulut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).

Turang, R. C., Kindangen, P., & Tumiwa, J. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Di Pt. Dayana Cipta. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(04), 505–515.

Widodo, H. (2021). Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah. UAD PRESS.

Widyastono, H. (2012). Muatan pendidikan holistik dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4), 467–476.

Zamzam, F., Satria, C., & Kore, J. R. R. (2018). Meningkatkan motivasi berafiliasi pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Se Sumatera Selatan. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 3(2), 119–132.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.50712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats