Analisis Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan untuk Menunjang Kegiatan Belajar Siswa

Agustinus Nong Masri, Universitas Negeri Malang, Indonesia, Indonesia
Achmad Supriyanto, Universitas Negeri Malang, Indonesia, Indonesia
Ahmad Yusuf Sobri, Universitas Negeri Malang, Indonesia, Indonesia

Abstract


Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu substansi dalam manajemen
pendidikan yang sangat urgen dan wajib dimiliki dalam sebuah satuan pendidikan. Tanpa adanya sarana dan prasarana, suatu kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan akan menemui berbagai kendala. Sekolah Menengah Kejuruan Kejuruan (SMK) sebagai salah satu satuan pendidikan yang memiliki visi untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing dalam pasar kerja tentu harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana SMK ini dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar siswa. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 25 secara khusus berbicara tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan. Detil standardisasi sarana dan prasarana pendidikan di SMK/MAK dimuat dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis standar sarana dan prasarana pendidikan di SMK Syuradikara Ende. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana di SMK Syuradikara belum sepenuhnya mencapai standar sarana dan prasarana pendidikan yang telah ditetapkan dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Hal ini dikarenakan masih ada ruangan-ruangan yang belum dibuat dan dibenahi dengan sarana dan prasarana antara lain: ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, lab komputer, ruang kurikulum, ruang BK, ruang kesiswaan, ruang guru, ruang OSIS, gudang, kantin, tempat parkir, dan ruang praktik.


Keywords


sarana, prasarana, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik pendidikan 2020. Jakarta: BPS.

Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2). https://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

Barnawi, & Arifin, M. (2012). Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayatuloh, M. N. (2019). Kelayakan sarana dan prasarana bengkel praktik teknik kendaraan ringan di SMK Piri Sleman. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62920.

Huda, M. N. (2018). Optimalisasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Ta’dibi, 6(2), 51–69.

Jamaluddin, Martuty, A., & Abdullah, M. (2021), The infrastructure standards of early childhood education units in south sulawesi province. Prosiding The 2nd International on Meaningful Education (2nd ICMEd). KnE Social Sciences, pages 584–603. 10.18502/kss.v6i2.10017

Lunenburg, F. C., & Ornstein, A. C. (2012). Educational administration: concepts & practices. London: Thomas Learning Berkshire House.

Meimuharani, Nazaruddin, & Anggraini, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 4 Aceh Besar. Jurnal Economica Didactica, 1(2), 1–14.

Miski, R. (2015). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ta’dibi, 4(2), 69–73. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i2.341.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Musa, M. F., & Ahmad Baharum, Z. (2012). Higher education physical assets and facilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 50(2012), 472–478. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.051.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas40-2008 SarprasSMK.pdf.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/165024/pp-no-57-tahun 2021.

Pukan, T. G. (2020). Pengaruh sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SDI Luki Kecamatan Wulandoni. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(11), 714–730. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i11.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, R., & Sudira, P. (2016). Evaluasi sarana dan prasarana praktik teknik komputer dan jaringan di SMK Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 54–65.

Tanjung, F. Z., Annisa, M., & Ridwan. (2016). Analisis sarana dan prasarana sekolah dasar berdasarkan tingkat akreditasi di Kota Tarakan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 134–146. https://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8934.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.45906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats