Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah
Dwi Esti Andriani, Universitas Negeri Yogyakarta, DIY, Indonesia
Abstract
Supervisi akademik merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab utama kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi kepala sekolah menengah pertama negeri (SMPN) menurut persepsi guru. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah dengan menyebarkan angket ke 109 orang guru di tiga sekolah yang dipilih. Angket penelitian yang digunakan telah divalidasi menggunakan teknik expert judgement. Data dari angket diolah secara kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala SMPN yang diteliti telah melaksanakan tugas-tugas supervisi akademik. Dari keseluruhan tugas, tugas memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran di setiap mata pelajaran merupakan tugas yang paling tinggi keterlaksanaannya. Sebaliknya, tugas yang paling rendah keterlaksanaannya adalah membimbing guru menyusun silabus tiap mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di beberapa area masih perlu ditingkatkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
BPPSDMK. (2017). Pedoman monitoring dan evaluasi pembelajaran. Jakarta: Pusat Pendidikan SdM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Burhanuddin, Y. (2005). Administrasi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Chanie, B.S. (2013). Conceptions about language syllabus and textbook based instructions: TEFL Graduate Students in Focus. Online Journal of Education Research, 2(4), 66-71. Retrieved from http://www.onlineresearchjournals.org/IJER
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2019a). Supervisi dan penilaian kinerja guru (MPPKS-PKG). Jakarta: Kemdikbud.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2019b). Bahan ajar pengantar supervisi akademik. Jakarta: KemDikbud.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2019c). Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan (MPPKS-PTK). Jakarta: Kemdikbud.
Glickman, C.D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J.M. (2010). Supervision and instructional leadership: a developmental approach (11th ed). Boston: Allyn and Bacon.
Kuncoro, H., Suntoro, I., & Kandar, S. (2015). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah menengah pertama kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan. 3(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/issue/view/425
Larasati, A.M., & Bejo, S. (2014). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 269 Jakarta (2013). Jurnal Improvement. 1(1). Retrieved from https://jurnalimprovement.wordpress.com/2014/03/01/pelaksanaan-supervisi-akademik/
Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Manajer Pendidikan. 9(2), 350-358. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1130/938
Okendu, J.N. (2012). The influence of instructional process and supervision on academic performance of secondary school students of Rivers State, Nigeria. Savap International, 2(3), Retrieved from http://www.savap.org.pk/
Permendiknas RI no 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah.
Prasojo, L. D. & Sudiyono. (2002). Supervisi akademik. Yogyakarta: Gava Media.
Prasojo, L. D. & Sudiyono. (2011). Supervisi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Priansa, D.J. & Somad, R. (2021). Manajemen supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah. Bandung: Alfabeta
Rahabav, P. (2016). The effectiveness of academic supervision for teachers. Journal of Education and Practice. 7(9), 47-55. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1095817.pdf
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tambahan Lembaran Negara RI Tahun 2007, No. 4723. Jakarta: Sekretariat Negara.
Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif. Yogyakarta. DeePublish
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (1987). Supervision: A re-definition (6th ed.). Boston: McGraw-Hill.
Sudijono, Anas. (2006). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susetya, Beny. (2017). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Jurnal Taman Cendekia. 1(2), 134-141. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia/article/view/1944/1126
Thaib, M. Amin dkk. (2005). Standar supervisi dan evaluasi pendidikan pada madrasah aliyah. Jakarta: Ditmapenda Tim.
Uno, Hamzah. (2009). Model pembelajaran. Menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif. Jakarta: Bumi Aksara
Winarsunu, T. (2002). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press.
Yusufhadi, Miarso. (2004), Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas: Suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Jurnal Scholaria. 6(2), 58-73. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License