Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791Keywords:
kompetensi profesional, motivasi kerja, disiplin kerja, kinerja guruAbstract
Kinerja guru dalam menjalankan perannya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu profesionalisme, motivasi, dan disiplin dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional, motivasi kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru sekolah menengah atas (SMA) negeri se-Kabupaten Pemalang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post facto dan bersifat kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 200 guru dari sepuluh sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi profesional, motivasi kerja, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru baik secara terpisah atau bersama-sama.
References
Anoraga, P. (2009). Psikologi kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Depdiknas RI: Jakarta.
Gabriela, P & Tannady, H. (2019). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMAN 8 Bekasi. Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BPUD.
Heriswanto, H. (2018). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru SMPN 1 Lambuya Kabupaten Konawe melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Aksara Public. 2(3), 136-152.
Hidayati, Z. Y. F. (2015). Analisis Kompetensi terhadap penilaian kinerja dosen (studi kasus dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Kutubkhanah, 17(1), 104-126.
Priyatno, D. (2010). Paham analisis statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Pujiyanti, P., & Isroah, I. (2013). Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Ciamis. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).
Rivai, V, (2005). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: dari teori ke praktik. Jakarta: Raja Grifindo Persada.
Sari, H. P. (2019). Pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan insentif terhadap kinerja guru SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan. 33(1), 69-78.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta
Uno, H. B. (2010). Teori motivasi dan pengukurannya; analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. (2014). Kepemimpinan dan motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of the accepted for publication articles shall be assigned to Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
- Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) maintain the publishing rights of the published articles.
- Authors are permitted to republish or disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP). Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Manajemen Pendidikan (JuMP) with an acknowledgment of initial publication to this journal.