Manajemen Sekolah Hijau di SD Negeri 05 Beji Kabupaten Pemalang
Ghufron Abdullah, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Endang Wuryandini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Aris Suharyadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Aris Suharyadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Sekolah hijau merupakan bagian dari Program Adiwiyata yang bertujuan untuk memelihara dan membangun kondisi sekolah yang hijau dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah hijau di SD Negeri 05 Beji Kabupaten Pemalang. Metode penelitian dalam kajian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, staf, siswa, orang tua wali, dan masyarakat sekitar sekolah. Obyek penelitian yaitu situasi sosial yang menunjukkan manajemen sekolah hijau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji Keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah hijau mencakup kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan sudah terinternalisasi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan: (1) perencanaan sekolah hijau dilaksanakan dengan memuat aspek pendidikan lingkungan hidup dan melibatkan masyarakat sekitar dalam memberikan pertimbangan dan masukan, (2) pengorganisasian dilakukan dengan pembentukan tim koordinator sesuai dengan program kerja dan peran serta fungsi masing-masing, (3) pelaksanaan diwujudkan dengan adanya berbagai kebijakan dan program kegiatan, pembelajaran terintegrasi lingkungan hidup, peningkatan partisipasi warga sekolah, sarana dan prasarana yang mencukupi dan mendukung pendidikan lingkungan hidup, (4) pengendalian dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi dan monitoring yang dilakukan secara rutin dalam bentuk peraturan terulis, teguran lisan, imbauan, pembinaan, maupun pemberian penghargaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Daft, R. L. (2020). Organizational theory & design. in organizational theory & design (Vol. 53, Issue 9).
Daryanto, & Suprihatin, A. (2013). Pengantar pendidikan lingkungan hidup. Yogyakarta: Gava Media.
Dashko, I. (2019). Risk management in management of industrial enterprise management. Intellect XXІ, 6, 2019. https://doi.org/10.32782/2415-8801/2019-6.11
Desfandi, M., Maryani, E., & Disman. (2017). Building ecoliteracy through adiwiyata program (study at adiwiyata school in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography, 49(1). https://doi.org/10.22146/ijg.11230
Fatchurrohman, F. (2018). Kemitraan antara sekolah, orang tua, dan lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan di madrasah aliyah negeri salatiga. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1). https://doi.org/10.32332/akademika.v23i1.1207
Hafidhoh, N., & Sholeh, M. (2015). Implementasi pelaksanaan program green school di smp negeri 1 kudus. Edu Geography, 3(6), 16–22.
Hanafi, M. (2015). Konsep dasar dan perkembangan teori manajemen. Bandung: Alfabeta.
Haris, I., & Afdalilah. (2016). Promoting the greening curriculum: a note on the implementation of environmental education in Indonesian school. International Journal of Applied Environmental Sciences, 11(1).
Heleri, H., & Ismanto, B. (2021). The evaluation of adiwiyata-school program. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41537
Hennessy, D., & Mee, J. (2007). Management: grassland management. Livestock, 12(5). https://doi.org/10.1111/j.2044-3870.2007.tb00114.x
Kementerian Lingkungan Hidup. (2012). Panduan adiwiyata: sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup
Landriany, E. (2014). Implementasi kebijakan adiwiyata dalam upaya mewujudkan pendidikan lingkungan hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2, 82–88.
Laudicina, E., Golembiewski, R. T., Robbins, S. P., Miles, R. E., Neuschel, R. F., Constable, C. J., & New, C. C. (1978). Management is management is management is (Or Is It?)". Public Administration Review, 38(2). https://doi.org/10.2307/976298
Maduretno, T. W., & Fajri, L. (2019). The effect of optimization learning resource based on planning, organizing, actuating, controlling (POAC) on contextual learning to students' conceptual understanding of motion and force material. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012012
Nightingale, A. J. (2020). Triangulation. In International Encyclopedia of Human Geography. https://doi.org/10.1016/b978-0-08-102295-5.10437-8
Nurwidodo, N., Amin, M., Ibrohim, I., & Sueb, S. (2020). The role of eco-school program (Adiwiyata) towards environmental literacy of high school students. European Journal of Educational Research, 9(3). https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1089
Pandi, A. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di sekolah dasar islam hidayatul muhsinin desa pal ix tahun pelajaran 2019/2020. In IBTIDA’ (Vol. 1, Issue 2, pp. 195–210). STIT Al-Fatah Siman Lamongan. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.154
Paramita, V. S., Indiyati, D., Ndaruhadi, P. Y. M. W., & Nuyman, A. (2017). Manajemen sekolah hijau berwawasan lingkungan. Dharma Bhakti Ekuitas, 2(1). https://doi.org/10.52250/p3m.v2i1.65
Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2019). Implementasi program sekolah adiwiyata dalam peningkatan mutu pendidikan di sdn tanah tinggi 3 kota tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2). https://doi.org/10.21009/jgg.072.03
Prastyo, A. B., Saputra, R. A., Dauri, D., & Andreas, R. (2021). Model perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam mewujudan good governance. Sasi, 27(1), 84. https://doi.org/10.47268/sasi.v27i1.419
Rohman, A. (2012). Kebijakan pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Jakarta:Aswaja Pressindo.
Rukin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sanisah, S. (2015). Kebijakan pengelolaan anggaran pendidikan di kabupaten lombok tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1). https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.5
Santoso, N. E., & Ambarwati, S. (2020). Implementasi planning, organizing, actuating, dan controlling program afirmasi pendidikan menengah (adem) siswa papua dan papua barat di smk negeri 2 jember. Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1). https://doi.org/10.47387/nasca.v1i1.23
Sappodin, S., Zaid, S., Sinarwaty, S., Rommy, N., Hartini, H., & Hasan, R. R. (2021). Pengaruh fungsi-fungsi manajemen terhadap kinerja aparatur sipil negara pada kantor kecamatan molawe kabupaten konawe utara. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO), 4(3). https://doi.org/10.33772/jumbo.v4i3.15959
Setyobudi, F., & Marsudi, S. (2018). Pendidikan lingkungan hidup di smp negeri 3 kebumen jawa tengah. jipsindo, 5(1). https://doi.org/10.21831/jipsindo.v5i1.20180
Sugianto, S., Nurkolis, N., & Egar, N. (2020). Manajemen sekolah adiwiyata di SMK Negeri 1 adiwerna kabupaten tegal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 8(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v8i1.5370
Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Verma, R., & Grover, P. (2021). Role of social media in promotion of green school initiatives by government green schools in India. Journal of Public Affairs, August 2020. https://doi.org/10.1002/pa.2643
Windawati, A. (2015). Evaluasi Program Sekolah Hijau (Green School). Skripsi.
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.35663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License