Case study: Impact analysis of educational Chatbot use in supporting students in the online learning process

Febi Afriani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Indra Devi, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
Aisyah Syafitri, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
Nur Indri Yani Harahap, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
Ali Mustopa Yakub Simbolon, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan chatbot pendidikan dalam mendukung siswa pada proses pembelajaran bold. Metodologi penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan rencana studi kasus untuk menganalisis dampak penggunaan chatbot pada siswa dalam proses pembelajaran Daring, Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan siswa, guru, dan administrator sekolah, observasi partisipatif dalam sesi pembelajaran Daring, serta dokumen analisis resmi dan log chatbot interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan chatbot secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi akses cepat ke informasi, dan memberikan dukungan personalisasi dalam pemahaman materi. Selain itu, chatbot juga berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan responsif, meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan memecahkan masalah siswa. Simpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa chatbot pendidikan memiliki dampak positif dalam meningkatkan efektivitas dengan memperkuat interaksi antara siswa dan platform pembelajaran. Penerapan chatbot dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pengalaman belajar siswa dalam lingkungan virtual. Temuan ini memberikan pandangan berharga bagi pengembangan lebih lanjut dalam integrasi teknologi chatbot dalam konteks pendidikan berani, dengan potensi meningkatkan aksesibilitas, efektivitas, dan pengalaman siswa holistik dalam pembelajaran jarak jauh.


Keywords


Analisis; Dampak Penggunaan; Chatbot Pendidikan; Pembelajaran Daring

References


Abbas, N., Whitfield, J., Atwell, E., Bowman, H., Pickard, T., & Walker, A. (2022). Online chat and chatbots to enhance mature student engagement in higher education. International Journal of Lifelong Education, 41(3), 308–326.

Amaniyah, I., Rahmawati, I., & Lailiyah, S. (2021). As efektivitas pembelajaran daring menggunakan google meet dan whatsapp group untuk meningkatkan hasil belajar Matematika selama pandemi Covid 19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 28–42.

Azhar, M. S., & Nasution, N. B. (2023). Analisis Kebutuhan Chatbot dengan Scaffolding pada Materi Fungsi Kuadrat. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 648–657.

Bakare, O. D., & Jatto, O. V. (2023). The Potential Impact of Chatbots on Student Engagement and Learning Outcomes. In Creative AI Tools and Ethical Implications in Teaching and Learning (pp. 212–229). IGI Global.

Cahyani, E. R. S., Khotimah, K., Agustin, R., Sari, A. E. N., & Hapsery, A. (2021). Dampak Perubahan Perilaku Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring. Inferensi, 4(2), 121–127.

Cannavaro, N. (2023). Aplikasi Chatbot untuk Layanan Akademik Menggunakan Platform RASA Open Source dengan Fitur Two Stage Fallback. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 53–64.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

Devi, I., Sesmiarni, Z., Syafitri, A., Simbolon, A. M. Y., & Iswantir, I. (2023). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru Di Mtss Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14422–14433.

Fikri, E. K., Solihat, A. N., & Aisyah, I. (2023). Penggunaan Media Chatbot dalam Model Pembelajaran Direct Instruction sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Global Education Journal, 1(3), 335–351.

Gimhani, R., Kumari, S., & Swarnakantha, N. H. P. R. S. (2023). Student Learning and Assessment Support System. International Research Journal of Innovations in Engineering and Technology, 7(10), 123.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33.

Lubis, A., & Sumartono, I. (2023). Implementasi Layanan Akademik Berbasis Chatbot untuk Meningkatkan Interaksi Mahasiswa. RESOLUSI: Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 3(5), 397–403.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55.

Mulyanah, N., & Andriani, A. (2021). Strategi Bimbingan dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 67.

Nasution, A. H., Monika, W., & Kausarian, H. (2023). Training on the Use of Chatbots as Information Providers at the Sang Nila Utama Museum Riau Province. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 156–162.

Orlando, F., Mawardi, V. C., & Lie, N. N. (2023). Sosialisasi Aplikasi Chatbot Berbasis Android Untuk Guru SD Immanuel Jakarta. Inovasi Teknologi Masyarakat (INTEKMAS), 1(1), 15–23.

Pratama, A., Cahyaningrum, N., Wulandari, A., & Anggraini, S. Z. (2021). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur di Era Pandemi COVID 19. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(05), 717–730.

Raza, E., & Komala, A. L. (2020). Manfaat dan Dampak Digitalisasi Logistik di Era Industri 4.0. Jurnal Logistik Indonesia, 4(1), 49–63.

Ruskandi, K., Pratama, E. Y., & Asri, D. J. N. (2021). Transformasi Arah Tujuan Pendidikan di Era Society 5.0. CV. Caraka Khatulistiwa.

Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.

Sholeh, M. S. (2020). Aplikasi Chatbot untuk Pengajuan Proses Pemesanan Surat di Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Subiyantoro, S. (2023). Exploring the Impact of AI-Powered Chatbots (Chat GPT) on Education: A Qualitative Study on Benefits and Drawbacks. Jurnal Pekommas, 8(2), 157–168.

Sugiono, S. (2021). Pemanfaatan Chatbot Pada Masa Pandemi Covid-19: Kajian Fenomena Society 5.0. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 22(2), 133–148.

Tanduklangi, A., & Amri, C. (2019). Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. Deepublish.

Wahyuni, S. (2022). Belajar Bahasa Inggris Asyik dengan Chatbot. Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Guru-Guru Di Indonesia, 19.

Wijaya, B. A. (2023). Dampak Perubahan Pola Pembelajaran Daring dan Luring Pada Efektivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Tahun 2021-2022. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 54–60.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i4.69941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indra Devi, Liza Efriyanti, Aisyah Syafitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics