Application of STEAM method in learning in madrasah to improve student understanding
Siswanto Siswanto, STAI Syubbanul Wathon Magelang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusniatih, A., & Muliana, S. (2022). Implementasi pembelajaran STEAM melalui kegiatan fun cooking sebagai pembelajaran abad 21. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502–6512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3418
Ahmad, M. Y., Arisanti, D., & Nasution, R. (2017). Strategi kepala madrasah dalam mewujudkan madrasah unggulan di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 136–159. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1026
Akmal, F. F., & Asikin, M. (2022). Kelayakan bahan ajar inovatif berbasis STEAM pada materi segiempat dan segitiga. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 512–519. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54787
Asadullah, M. N., & Chaudhury, N. (2016). To madrasahs or not to madrasahs: The question and correlates of enrolment in islamic schools in Bangladesh. International Journal of Educational Development, 49(1), 55–69. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2016.01.005
Asyafah, A. (2014). Research based instruction in the teaching of islamic education. SpringerPlus, 3(755), 1–5. https://doi.org/10.1186/2193-1801-3-755
Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, Murtiyasa, B., & Sumardi. (2022). Pembelajaran matematika polinomial berbasis STEAM PjBL menumbuhkan kreativitas peserta didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660
Bedewy, S. El, & Lavicza, Z. (2023). STEAM + X -extending the transdisciplinary of STEAM-based educational approaches: A theoretical contribution. Thinking Skills and Creativity, 48(1), 1–23. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101299
Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh penerapan model PBL terintegrasi steam terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Edusains, 12(2), 166–176. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.13248
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan STEM (science, technology, enggeenering and mathematic) untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat pembelajaran pendekatan STEAM-PJBL pada tema 2 selalu berhemat energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222–232. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725
Diana, H. A., & Saputri, D. V. (2021). Model project based learning terintegrasi STEAM terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal numerasi. Numeracy, 8(2), 113–127. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609
Duderija, A. (2012). Evolution dans le concept de la Sunna au cours des quatre premié̀res générations de musulmans en relation avec le développement du concept d’une authentique Hadi ̄e que fondée sur lérudition occidentale récente. Arab Law Quarterly, 26(4), 393–437. https://doi.org/10.1163/15730255-12341241
Fahrurrozi, Edwita, & Bintoro, T. (2022). Model-model pembelajaran kreatif dan berpikir kritis di sekolah dasar. In UNJ Press. UNJ press.
Fairuza, M. (2017). Kolaborasi antar stakeholder dalam pembangunan inklusif pada sektor pariwisata (studi kasus wisata pulau merah di Kabupaten Banyuwangi). Kebijakan dan Manajemen Publik, 5(3), 1–13. https://journal.unair.ac.id/KMP@kolaborasi-antar-stakeholder-dalam-pembangunan-inklusif--pada-sektor-pariwisata-(studi-kasus-wisata-pulau-merah-di-kabupaten-banyuwangi)-article-11728-media-138-category-8.html
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL (project-based learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642
Guarte, J. M., & Barrios, E. B. (2006). Estimation under purposive sampling. Communications in Statistics: Simulation and Computation, 35(2), 277–284. https://doi.org/10.1080/03610910600591610
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi kurikulum pendidikan. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/51/49
Hapidin, Gunarti, W., Pujianti, Y., & Suharti. (2023). Penerapan model pembelajaran proyek bermuatan konten STEAM melalui media komik dalam implementasi kurikulum merdeka di Satuan PAUD. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(2), 126–133. https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1781
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan pendekatan STEAM dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 275–281. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3561
Heryati, Y. (2023). Melatih keterampilan komunikasi siswa melalui model STEAM dalam materi teks prosedur bahasa Indonesia. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 301–317. https://doi.org/10.29300/disastra.v5i2.3255
Hughes, B. S., Corrigan, M. W., Grove, D., Andersen, S. B., & Wong, J. T. (2022). Integrating arts with STEM and leading with STEAM to increase science learning with equity for emerging bilingual learners in the United States. International Journal of STEM Education, 9(58), 1–19. https://doi.org/10.1186/s40594-022-00375-7
Kang, N. (2019). A review of the effect of integrated STEM or STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics) education in South Korea. Asia-Pacific Science Education, 5(6), 1–22. https://doi.org/10.1186/s41029-019-0034-y
Lubis, M., & Widiawati, N. (2020). Integrasi domain afektif taksonomi Bloom dengan pendidikan spiritual Al-Ghazali (telaah kitab ayyuhal walad). Journal Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 41–56. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3228
Lumbantobing, S. S., & Azzahra, F. S. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 melalui penerapan pendekatan STEAM (science, technology, engineering, arts and mathematics). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 393–400. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295
Maarang, M., Khotimah, N., & Maria Lily, N. (2023). Analisis peningkatan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran STEAM berbasis loose parts. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 309–320. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.215
Muyassaroh, N. F., & Suyadi. (2020). Pengembangan kurikulum integratif islam, lokal value, international mindedness di Kindy Afkaaruna Islamic School. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 253–272. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.6159
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan buatan (AI) dan pentingnya ilmu etika dalam pendidikan interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.34734
Padwick, A., Dele-ajayi, O., Davenport, C., & Strachan, R. (2023). Evaluating a complex and sustained STEM engagement programme through the lens of science capital: Insights from Northeast England. International Journal of STEM Education, 10(33), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40594-023-00421-y
Papilaya, P. M., & Tuapattinaya, P. M. J. (2023). Sosialisasi kesadaran lingkungan diferensiasi mangrove berbasis PjBL STEAM pada peserta didik di Pesisir Pulau Ambon. PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 78–94. https://doi.org/10.30598/pakem.3.1.78-94
Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi keterampilan HOTs dalam PAUD melalui pembelajaran STEAM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 506–516.
https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/614/533
Rohmawati, A., & Prisdiana, E. (2022). Pembelajaran STEAM melalui media cerita animasi untuk kelompok B di RA Abdullah Bin Umar Gedangan-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v3i2.861
Sa’ida, N. (2021). Implementasi model pembelajaran STEAM pada pembelajaran daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128
Sam, N. F., & Rahayu, E. (2022). Implementasi pendekatan STEAM pada mata kuliah bioteknologi pangan sebagai upaya mitigasi learning loss. Jurnal Biotek, 10(1), 66–82. https://doi.org/10.24252/jb.v10i1.28649
Sammeng, W., & Marsaoly, M. (2022). Pengaruh pemberian motivasi belajar kepada mahasiswa di Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku. Jurnal Gizi Kerja dan Produktivitas, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.62870/jgkp.v3i1.15382
Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan pemahaman orang tua dalam menstimulasi perkembangan anak dengan pendekatan STEAM melalui program home visit. Tunas Siliwangi, 5(2), 93–105. https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p93-105.1566
Sartono, N., Suryanda, A., Ahmad, T. L. S., Zubaidah, & Yulisnaeni. (2020). Implemetasi STEAM dalam pembelajaran biologi: Upaya pemberdayaan guru biologi Madrasah Aliyah DKI Jakarta. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.32672/btm.v2i1.2099
Septiani, I., & Kasih, D. (2021). Implementasi metode STEAM terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di Paud Alpha Omega School. JPP: Jurnal Jendela Pendidikan, 1(4), 192–199. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.44
Setiawan, N. R., Citra Wibawa, I. M., & Margunayasa, I. G. (2021). Perangkat pembelajaran dan lembar kerja peserta didik berpendekatan STEAM-PJBL pada muatan IPA di sekolah dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 40–54. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37693
Shofiyati, N. (2022). STEM sebagai kerangka inovasi pembelajaran di madrasah untuk menyongsong generasi emas 2045. Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 623–632. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/ACoMT/article/view/988
Wahyuni, S., Reswita, & Afidah, M. (2020). Pengembangan model pembelajaran sains, technology, art, engineering and mathemathic pada kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(2), 297–309. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441
Walsiyam. (2021). Implementasi pendidikan karakter pelajar pancasila melalui pembelajaran berbasis STEAM di SDIT Lukmanul Hakim Puring Kebumen. Prosiding Seminar Nasional: Inovasi Manajemen Pendidikan Dalam Tatanan Kenormalan Baru, 966–978. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrKFwQ4fGJm6TQWfFHLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1717759160/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fj.ustjogja.ac.id%2Findex.php%2Fsemnasmp%2Farticle%2Fview%2F10901%2F4799/RK=2/RS=VS.60gACjhRqga8qIANEEoKDia8-
Wu, C. H., Liu, C. H., & Huang, Y. M. (2022). The exploration of continuous learning intention In STEAM education through attitude, motivation, and cognitive load. International Journal of STEM Education, 9(35), 1–22. https://doi.org/10.1186/s40594-022-00346-y
Yati, H. R., Purwanto, & Alfianto, A. N. (2023). Pengetahuan dan religiusitas terhadap niat nasabah menggunakan produk pembiayaan pada Bank Wakaf Mikro. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 622–628. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.719
Yunus, M. (2022). STEAM dalam Pendidikan: Respon guru dan penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 1202–1212. https://doi.org/10.51622/vsh.v4i1.1901
Zainuddin, M.-. (2017). Model pembelajaran kolaborasi meningkatkan partisipasi siswa,keterampilan sosial, dan prestasi belajar IPS. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.23887/jiis.v3i1.11474
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 1, 1–18. https://www.researchgate.net/publication/332469989_MENGENAL_4C_LEARNING_AND_INNOVATION_SKILLS_UNTUK_MENGHADAPI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40_1
Zulirfan, Z., Yennita, Y., Rahmad, M., & Purnama, A. (2021). Desain dan konstruksi prototype KIT proyek STEM sebagai media pembelajaran IPA SMP secara daring pada topik aplikasi listrik dinamis. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11446
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i2.66483
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vira Kurniawati, Siswanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics