Instagram filter with AR technology as an innovation for introducing fauna to Generation Z in Indonesia
Anung Rachman, Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia
Asmoro Nurhadi Panindias, Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifani, N. A. (2016). Rancang bangun game edukasi pengenalan fauna di Indonesia [Universitas Brawijaya]. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/146738/1/115060801111058-skripsi.pdf
Aristides, Y., Purnomo, A., & Samekto, F. A. (2016). Perlindungan satwa langka di indonesia dari perspektif convention on international trade in endangered species of flora and fauna (cites). Diponegoro Law Journal, 5(4), 1–17. https://doi.org/10.14710/dlj.2016.13741
Baharuddin, A., & Kusuma, D. A. (2021). The design of BPAC (basic physical activity challenge) based on the Instagram effect for smartphone users. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(7), 149–155. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/40912
Budianto, I. L., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2020). Perancangan artbook untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap kelangkaan fauna Indonesia. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16), 1–11. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/10380/9265
Chacon, B. (2019). The ultimate guide to spark AR studio for Instagram. Later: Social Media Management. https://later.com/blog/spark-ar-instagram/
Chakimi, N. A., & Abidin, M. R. (2022). Perancangan animasi 2d edukasi pengenalan deforestasi untuk anak usia 8-12 tahun. Barik, 3(1), 220–234. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/44779/37979
Dwityas, N. A. (2016). Komunikasi dan pariwisata: Peran generated content bagi traveler dalam media sosial. Jurnal Simbolika Research and Learning In Communication Study, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i1.224
Gudoniene, D., & Rutkauskiene, D. (2019). Virtual and augmented reality in education. Baltic Journal Of Modern Computing, 7(2), 293–300. https://doi.org/10.22364/bjmc.2019.7.2.07
Gumulya, D. (2017). Pelatihan perancangan produk aksesoris fesyen di pengrajin kampung Peusar, binong dengan pendekatan co-design. Jurnal Sinergitas PKM dan CSR, 1(2), 1–17. https://ojs.uph.edu/index.php/JSPC/article/view/683
Guntur, W. S., & Slamet, S. (2019). Kajian kriminologi perdagangan ilegal satwa liar. RECIDIVE: Jurnal Hukum Pidana dan Penanggulangan Kejahatan, 8(2), 176–186. https://jurnal.uns.ac.id/recidive/article/view/40628
Hananto, B. A., Leoni, E., & Wong, T. (2020). Pedagogi metodologi desain sebagai strategi pendidikan desain (studi kasus: Identifikasi metodologi simulasi perancangan ulang website taman mini Indonesia indah). Jurnal Nawala Visual, 2(2), 16–26. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i2.107
Hidayat, M. L., & Sriyanto. (2015). Implementasi metode mind mapping dan metode resitasi dalam pelajaran IPS materi persebaran flora dan fauna di Indonesia Kelas VII SMP IP Assalamah Ungaran Kabupaten Semarang. Edu Geography, 3(8), 19–26. https://journal.unnes.ac.id/sju/edugeo/article/view/7264
Hidayatullah, M. I. S., Nurhayati, O. D., & Prasetijo, A. B. (2022). Perancangan game edukatif anti narkoba berbasis augmented reality (AR) menggunakan spark AR dengan metode multimedia development life cycle (MDLC). JITKOM: Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer, 6(1), 34–44. http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v6i1.005
Indarti. (2020). Metode proses desain dalam penciptaan produk fashion dan tekstil. BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 1(2), 128–137. https://doi.org/10.26740/baju.v1n2.p128-137
Ismayani, A. (2020). Membuat sendiri aplikasi augmented reality. Elex Media Komputindo.
Kausad, J., Rachman, A., & Nurhadi, A. (2022). Rancang filter augmented reality Instagram untuk edukasi kesehatan mental di kala pandemi. SANGGITARUPA, 2(1), 1–10. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?
article=3591943&val=31187&title=RANCANG FILTER AUGMENTED REALITY INSTAGRAM UNTUK EDUKASI KESEHATAN MENTAL DI KALA PANDEMI
Kirana, A. C., Rachman, A., & Panindias, A. N. (2023). Tipografi digital yang mudah dan menyenangkan berbasis filter Instagram. JTD: Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual, 2(1), 1–11. https://jfik.uniss.ac.id/index.php/journals/article/view/39
Kylena, L. A., Utoro, R. K., & Sujana, A. P. (2023). Implementasi tracking filter pertanyaan kuis sambung lagu pada Instagram dengan teknologi augmented reality berbasis Android dan IOS untuk promosi produksi musik haifa azzura moritza music series management implementation of tracking filter questions quiz. EProceedings of Applied Science, 9(1), 453–464. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/19507
Lim, R. P., Purnomo, D., & Sari, D. K. (2021). Pengaruh pengguna Instagram terhadap kesehatan mental Instagramxiety pada remaja di Kota Salatiga. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 13(1), 47–66. https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i1.13757
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. JPTK: Jurnal Penidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174–183. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Mustika, Rampengan, C. G., Sanjaya, R., & Sofyan. (2015). Implementasi augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif. Creative Information Technology Journal (Citec Journal), 2(4), 277–291.https:/citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/55/55
Nuraeni, E., Supartono, T., & Deni. (2018). Perdagangan satwa liar jenis kukang (nycticebus sp) di Pasar Hewan Plered Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Wanaraksa: Jurnal Kehutanan dan Lingkungan, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.25134/wanaraksa.v12i1.4541
Paramarta, C. B., Rachman, A., & Panindias, A. N. (2022). Augmented reality-based digital filters as restrictions on plastic consumption public service advertisements. JISDISKOMVIS: Jurnal Ilmu Komputer dan Desain KomuniKasi Visual, 7(2), 123–133. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v7i2.523
Priyantono, A. C., & Ardiansyah, F. (2020). Perancangan prototipe Mobile user experience aplikasi peningkatan sumber daya desa menggunakan metode double. Jurnal Ilmu Komputer & Agri Informatika, 7(2), 96–104. https://doi.org/10.29244/jika.7.2.96-104
Putra, I. K. A. M. (2020). Perancangan filter Instagram berbasis augmented reality dengan face mask spark AR pada akun new media college. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 6(3), 391–398.
Putra, I. K. A. M., & Astina, K. A. D. (2019). Pemanfaatan media Instagram multiple post sebagai sarana edukasi berbasis visual bagi warganet. Jurnal Nawala Visual, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.42
Saefudin, M. S., & Ekasari, M. H. (2017). Aplikasi pembelajaran fauna endemik indonesia menggunakan augmented reality berbasis Android. SIMETRIS: Jurnal Teknik Industri, Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1), 27–34. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.816
Sanaky, H. A. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif: Buku pegangan wajib guru dan dosen. Kaukaba Dipantara.
Sartika, Rachman, A., & Panindias, A. N. (2021). Pemanfaatan augmented reality(AR) sebagai media promosi iklan produk susu kedelai berbasis filter Instagram. JIKDISKOMVIS: Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 6(2), 119–126. https://doi.org/10.55732/jikdiskomvis.v6i2.512
Setiawan, A. (2021). Keanekaragaman hayati indonesia: Masalah dan upaya konservasinya. Indonesian Journal of Conservation, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.15294/ijc.v11i1.34532
Setiawan, R., & Audie, N. (2020). Media sosial Instagram sebagai presentasi diri pada mahasiswi pendidikan sosiologi FKIP UNTIRTA. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 6(1), 10–20. https://doi.org/10.35308/jcpds.v6i1.1792
Siboro, T. D. (2019). Manfaat keanekaragaman hayati terhadap lingkungan. SIMANTEK: Jurnal Ilmiah, 3(1), 1–4. https://simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/36
Sufiatmi, Astriani, D., & Prawita, F. N. (2020). Pemanfaatan augmented reality pada aplikasi uji coba make-up secara virtual. E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 4077–4088. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/13944
Sultan, M. T., Sharmin, F., Badulescu, A., Stiubea, E., & Xue, K. (2021). Travelers’ responsible environmental behavior towards sustainable coastal tourism: An empirical investigation on social media user-generated content. Sustainability, 13(1), 1–19. https://doi.org/10.3390/su13010056
Zolkepli, I. A., & Kamarulzaman, Y. (2015). Social media adoption: The role of media needs and innovation characteristics. Computers in Human Behavior, 43(1), 189–209. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.10.050
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i1.57755
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Salmaan Daffa Albani, Anung Rachman, Asmoro Nurhadi Panindias
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics