Instrument development to measure the use of hologram-based learning media
M Yusriadi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Adisti Yuliastrin, Universitas Terbuka, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams, W. K., & Wieman, C. E. (2011). Development and validation of instruments to measure learning of expert‐like thinking. International Journal of Science Education, 33(9), 1289–1312. https://doi.org/10.1080/09500693.2010.512369
Afandi, I. A., Wahyuningsih, E. D., & Rokhman, M. S. (2021). Pengaruh video animasi pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematis pada masa pandemi Covid - 19. JIPMat, 6(2), 211–216. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9212
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan pendekatan kontekstual dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan dan skala terhadap siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347–358. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.748
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) kelas viii semester gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 1449–1463. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6594
Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Tambun, I. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik kontekstual materi peristiwa alam beserta mitigasi bencana. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 163–171. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4421
Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk penelitian dan skripsi. PT. Elex Media Komputindo.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT. Rineka Cipta.
Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Brigenta, D., Handhika, J., & Huriawati, F. (2017). Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. Prosiding SNFP (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 167–173. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1671
Efendi, Y., & Widodo, A. (2019). Uji validitas dan reliabilitas instrumen tes shooting sepak bola pada pemain tim Persiwu FC Jatiyoso . Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 367–372. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/29565
Fadillah, M. R., & Ninawati, M. (2020). Pengembangan media pop up book berbasis kontekstual pada materi perkembangbiakan hewan kelas vi SDN Anyelir 1 Depok. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3532
Fahruna, Y., & Fahmi, M. (2017). Validitas dan reliabilitas konstruk pengukuran perpustakaan ideal berbasis pemakai dengan pendekatan LIBQUAL. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(2), 161–174. https://doi.org/10.26418/jebik.v6i2.22989
Hazin, M., Hidayat, S., Tanjung, A. S., Syamwiel, A., & Hakim, A. (2021). Pendampingan psikososial dan modul pembelajaran sekolah dasar untuk mengatasi learning loss. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 178–189. https://doi.org/10.46306/jub.v1i2.34
Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1), 84–100. https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977
Ihsan, H. (2015). Validitas isi alat ukur penelitian konsep dan panduan penilaiannya. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266–273. https://www.academia.edu/download/74087310/4052.pdf
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi mengajar guru dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482–490. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865
Kusumah, E. P. (2018). Technology acceptance model (TAM) of statistical package for the social sciences (SPSS) applications. Integrated Journal of Business and Economics, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33019/ijbe.v2i1.47
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas xi. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 14(1), 15–20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Li, Q. (2013). A novel Likert scale based on fuzzy sets theory. Expert Systems with Applications, 40(5), 1609–1618. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2012.09.015
Lukman, A., Hairi, A. P., Rahmi, A., Fadli, A., Dongoran, S. B., & Nasution, A. A. (2020). Penerapan media pembelajaran holo-math (hologram mathematics) dalam meningkatkan kemampuan visual matematis siswa di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21902
Nengsi, S., Zulyetti, D., & Nelvi, M. H. (2021). Pengembangan LKS Biologi dengan pendekatan kontekstual materi sistem ekskresi siswa kelas xi. Jurnal Edukasi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(1), 1–28. https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/12
Nurfillaili, U., Yusuf, M. T., & Anggraeni, S. (2016). Pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran Fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA Negeri Khusus Jeneponto kelas xi semester i. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 4(2), 83–87. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/download/3709/3382
Pinilih, F. W., Budiharti, R., & Ekawati, E. Y. (2013). Pengembangan instrumen penilaian produk pada pembelajaran IPA untuk siswa smp. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 23–27. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/2798
Ruskala, A. R. (2021). Supervisi akademik dalam bidang multimedia pembelajaran guru di SMK YPC Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(2), 159–174.
Saada, M., Wibowo, S. A., & Tritoasmoro, I. I. (2020). Layar proyeksi hologram interaktif dengan kinerja hand gesture detection dan tracking model reinforcement learning. 3711–3718. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/13416
Silalahi, A. (2018). Development research (penelitian pengembangan) dan research & development (penelitian & pengembangan) dalam bidang pendidikan/pembelajaran. Universitas Negeri Medan.
Souza, A. C. de, Alexandre, N. M. C., & Guirardello, E. de B. (2017). Propriedades psicométricas na avaliação de instrumentos: Avaliação da confiabilidade e da validade. Epidemiologia e Serviços de Saúde, 26(3), 649–659. https://doi.org/10.5123/S1679-49742017000300022
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
Suratno, A. (2016). Pengembangan instrumen penilaian kompetensi praktikum engine siswa smk program keahlian teknik otomotif. VANOS Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 2528–2700. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/vanos/article/view/826
Taufiq, T. (2020). Implementasi model demonstrasi dalam materi mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas vii SMP Negeri Krueng Sabee Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Serambi Konstruktivis, 2(4), 44–54. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/view/2571
Triana, D., & Oktavianto, W. O. (2013). Relevansi kualifikasi kontraktor bidang teknik sipil terhadap kualitas pekerjaan proyek konstruksi di Provinsi Banten. Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 2(2), 182–190. https://doi.org/10.36055/jft.v2i2.1732
Wales, G. V, Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2017). Pengaruh budaya organisasi, gaya kepemimpinan, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. Bank Tabungan Negara (persero) tbk. kantor cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 4365–4444. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/18645
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i3.56360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yusri Adi, Adisti Yuliastrin, Rian Vebrianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics