PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Lili Suryani, Program Studi Teknologi Pembelajaran PPs UNY
Ishartiwi Ishartiwi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan dan  mengetahui kefektifan penggunaan multimedia pembelajaran bahasa Arab untuk mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan subjek penelitian mahasiswa semester I prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Untuk uji validitas multimedia dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia hasil pengembangan dan tes hasil belajar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan multimedia pembelajaran bahasa Arab berbentuk CD pembelajaran dilengkapi manual book dengan materi حياتنا اليومية(kehidupan sehari-hari).  Kelayakan produk berdasarkan validasi  ahli materi dengan hasil “sangat baik” (4,45 dan 4,5), validasi ahli media dengan hasil “sangat baik” (4,34 dan 4,95) dan multimedia yang efektif berdasarkan hasil uji keefektifan penggunaan multimedia hasil pengembangan diperoleh rerata sebesar 64,5 saat pre-test dan diperoleh rata-rata 87,9 saat post-test sehingga diperoleh gain score 23,4 poin. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut maka multimedia pembelajaran bahasa Arab hasil pengembangan dalam penelitian ini layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran.

Kata kunci: multimedia, bahasa Arab


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Lili Suryani, Ishartiwi Ishartiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics