Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi

Erni Mardliyani Rahmawati, SMP TahfidzQu Yogyakarta, Indonesia
Mukminan Mukminan, Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan m-learning yang dapat digunakan pada pembelajaran mata pelajaran geografi bagi peserta didik kelas X SMA, (2) menghasilkan m-learning yang layak untuk mata pelajaran geografi, (3) mengetahui keefektifan m-learning untuk mata pelajaran geografi, dan (4) mengetahui pengaruh m-learning dalam mendukung kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) m-learning dibuat dengan menggunakan adobe flash cs 5.5. m-learning dikembangkan untuk pokok bahasan Hidrosfer; (2) m-learning telah memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi dengan kategori “baik”; (3) keefektifan pembelajaran geografi lebih baik dengan menggunakan m-learning dibuktikan dengan adanya ketuntasan belajar pada kelas eksperimen; (4) m-learning signifikan mendukung kemandirian dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: m-learning, geografi, kemandirian

 

DEVELOPING MOBILE LEARNING TO SUPPORT INDEPENDENCE AND LEARNING OUTCOMES IN HIGH SCHOOL GEOGRAPHY LESSON

Abstract

The research is aimed at: (1) producing m-learning that can be used in teaching geography subjects for students of class X SMA, (2) producing proper m-learning for Geography lesson, (3) finding out the effectiveness of m-learning in Geography lesson, and (4) detecting the m-learning effect in Geography lesson to support independent and outcomes of learning for students. This is a Research and Development type of research. The results show that: (1) m-learning designed with adobe flash cs 5.5 application is suitable for Hidrosfer lesson topic; (2) m-learning for Geography lesson has met the criteria and considered to be a proper learning media due to the fact that the validation categorizes it as “good”; (3) geography better learning effectiveness by using m-learning is evidenced by student’s mastery learning in the experimental class, and (4) m-learning geography subjects support the independence and learning outcomes of students.

Keywords: m-learning, geography, independent learning


Keywords


m-learning, geography, independent learning

Full Text:

Fulltext PDF

References


Adam, S. (2014). Aplikasi teori perkembangan bahasa menurut Vygotsky dalam pendidikan. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 252–258. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/252

Alessi, S. M., & Trollip, S. P. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Bettencourt, M. (2015). Supporting student learning outcomes through service learning. Foreign Language Annals, 48(3), 479–490.

Dikkers, S., Martin, J., & Coulter, B. (2011). Mobile media learning: amazing uses of mobile devices for learning. Halifax: ETC Press.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengemabangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1977

Keshavarz, M. (2011). Measuring course learning outcomes. Journal of Learning Design, 4(4), 1–9.

Khan, A. I., Al-Shihi, H., Al-khanjari, Z. A., & Sarrab, M. (2015). Mobile learning (M-Learning) adoption in the middle east: lessons learned from the educationally advanced countries. Telematics and Informatics, 32(4), 909–920. https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.04.005

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi (2013).

Miarso, Y. (2007). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mudjiman, H. (2011). Manajemen pelatihan berbasis belajar mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muyaroah, S. (2013). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis adobe flash pada mata pelajaran TIK kelas X di SMA N 5 Semarang. Thesis, Universitas Sebelas Maret.

Samari, G. D. (2015). Pengembangan mobile learning berbasis android materi sistem imun untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa kelas XI SMA. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, N. (2009). Hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yunus, H. S. (2010). Metodologi penelitian wilayah kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Erni Mardliyani Rahmawati, Mukminan Mukminan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics