Kemampuan guru fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi

Rizky Febriyani Putri, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jumadi Jumadi, Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan guru Fisika SMA Negeri di Kabupaten Sleman dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan model-model yang ditentukan pada Kurikulum 2013, dan (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi guru Fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran yang ditentukan pada Kurikulum2013.  Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)  kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran masuk kategori baik, dan (2) kendala yang dihadapi guru yaitu pada perubahan format RPP, alokasi waktu untuk melaksanakan model pembelajaran pada Kurikulum 2013, dan pelaksanaan penilaian kompetensi sikap.

 

Senior High School Physics Teacher’s Ability to Apply The Learning Models of 2013 Curriculum and the Obstacles Faced

 

Abstract

This study aimed to: (1) describe the senior high school Physics teacher’s ability in Sleman to plan and implement the learning models of the 2013 Curriculum, and (2) identify the obstacles faced by Physics teachers in applying learning models that have been specified in the 2013 curriculum. This research was a survey using quantitative descriptive approach. The results of this research indicate that: (1) the teacher’s ability to plan and to implement learning models is categorized as good, and (2) the constraints that teachers face are the change in the format of the lesson plan, the allocation of time to implement learning models in the 2013 curriculum, and implementation of the attitude assessment


Keywords


kemampuan guru; perencanaan pembelajaran; pelaksanaan pembelajaran; Kurikulum 2013; the teacher’s ability; instructional planning; implementation of learning; 2013 curriculum

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Cullen, C. L. (2011). The education of Japanese-Americans, 1942-1946: The fate of democratic curriculum reform. American Educational History Journal, 38(1/2), 197.

Hasriani, A., & Arty, I. S. (2015). Kontribusi motivasi, penguasaan informasi dan persepsi mahasiswa pendidikan kimia terhadap kesiapan implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 115. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7495

Hussain, A., Dogar, A. H., Azeem, M., & Shakoor, A. (2011). Evaluation of curriculum development process. International Journal of Humanities and Social Science, 1(14), 263–271. Retrieved from http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_1_No_14_October_2011/34.pdf

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Mundry, S., & Loucks-Horsley, S. (1999). Designing professional development for science and mathematics teacher: Decision points and dilemmas. NISE Brief, 3(1), 1–8. Retrieved from http://archive.wceruw.org/nise/Publications/Briefs/Vol_3_No_1/Vol.3,No.1.pdf

Nadeem, M., Rana, M. S., Lone, A. H., Maqbool, S., Naz, K., & Ali, A. (2011). Teacher’s competencies and factors affecting the performance of female teachers in Bahawalpur (Southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science, 2(19), 217–222. Retrieved from http://www.ijbssnet.com/journal/index/741:vol-2-no-19-si-october-2011abstract27&catid=19:hidden

Rezeki, U. S., & Setiawan, D. (2015). Analisis kemampuan pedagogik guru sekolah dasar terhadap Kurikulum 2013 di Kecamatan Medan Area. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2(17), 302–317.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman, R. (2010). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Subali, B., & Suyata, P. (2011). Panduan analisis data pengukuran pendidikan untuk memperoleh bukti empirik kesahihan menggunakan program Quest. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UNY.

Suparlan, S. (2008). Menjadi guru efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Uno, H. B. (2007). Profesi kependidikan: problema, solusi, dan reformasi pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. (2013). Manajemen kelas: Teori dan aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif. Yogyakarta: Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.8636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:

       



Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820

View My Stats