Keterlaksanaan pembelajaran fisika implementasi kurikulum 2013 berdasarkan latar belakang akademik guru di MAN DIY

Ninik Uswatun Fadilah, MAN Wonosari, Indonesia
Suparwoto Suparwoto, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran fisika di MAN pilot project DIY dalam implementasi Kurikulum 2013 berdasarkan latar belakang akademik guru ditinjau dari (1) pemahaman terhadap Kurikulum 2013, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) penilaian, (5) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pada implementasi Kurikulum 2013 dan (6) hambatan yang dihadapi pada implementasi Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru fisika kelas X di MAN pilot project DIY yang menerapkan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mengenai Kurikulum 2013 berada pada kategori sangat baik. Perencanaan berada pada kategori baik, pelaksanaan berada pada kategori baik, penilaian berada pada kategori baik. Upaya guru fisika di MAN pilot project di DIY yaitu mencari informasi mengenai rasionalisasi kurikulum 2013, pendekatan saintifik, administrasi pembelajaran dan penilaian otentik baik secara mandiri maupun dari kegiatan pelatihan. Hambatan yang dihadapi guru yaitu kurangnya ketersediaan buku/panduan mengenai pendekatan saintifik, guru kesulitan dalam membuat instrumen penilaian portofolio, dan guru belum maksimal dalam memfungsikan instrumen penilaian sikap.

Kata Kunci: keterlaksanaan, Kurikulum 2013, latar belakang akademik guru

 

The Feasibility of the Physic Learning Process in Implementing Curriculum 2013 Based on the Teachers’ Academic Background 

 

Abstract

This study aims to determine the feasibility of the physic learning process in implementing Curriculum 2013 based on the teachers’ academic background at the pilot project MAN in DIY  in terms of (1) understanding of the Curriculum 2013, (2) planning stage, (3) implementation stage, (4) assessment stage, (5) the effort of the phisycs teachers in pilot project MAN to integrat the knowledge about Curriculum 2013 in phisycs learning process; (6) the obstacles found by the phisycs teachers in the implementation of Curriculum 2013. This research was survey research with descriptive qualitative and quantitative approach. The research population was phisycs teachers of class X of pilot project MAN in DIY which implemented Curriculum 2013. The technique of data collection was questionnaires, observation, interviews, and documentation. The results show that the teachers’ knowledge of Curriculum 2013 is very good. The planning is in the quite good category, the implementation is in the good category, the assessment is in the good category. the efforts of physics teachers at pilot project MAN are looking for information about: the rationalization of the Curriculum 2013, the scientific approach, the administration of learning and authentic assessment either independently or by training program; (4) the obstacles found by the teachers are: the lack of availability of the book/guide on Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL) learning model, the teachers difficulty in making portfolio assessment instruments, and the teachers have not been able to maximal functioning of attitude assessment instruments.

Keywords: the feasibility, Curriculum 2013, teachers’ academic background

Keywords


keterlaksanaan; Kurikulum 2013; latar belakang akademik guru

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Amirrachman, A. (2014, November 26). GIP: Kualifikasi pendidikan guru di Indonesia rendah. Diakses tanggal 20 Agustus 2015, dari Bisnis.com http://kabar24.bisnis.com/read/20141126/255/275628/gip-kualifikasi pendidikan-guru-di-indonesia-rendah

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cheung, A.C., & Wong P. M. (2011). Factors affecting the implementation of curriculum reform in Hong Kong. International Journal of Educational Management, 26 (1), 39-54.

Direktorat Profesi Pendidik. (2010). Rambu-rambu pengembangan kegiatan KKG dan MGMP. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional.

Goldhaber, D. D. & Brewer, D. J. (1996). Evaluating the effect of teacher degree level on educational performance. Diambil pada tanggal 2 Mei 2015, dari http://nces.ed.gov/pubs97/975351.pdf

Hamzah, A. (2010). Dampak faktor latar belakang pendidikan, pengalaman pelatihan, beban kerja, pengalaman mengajar, dan kemampuan kognitif guru terhadap keprofesionalan guru biologi tentang laboratorium pada SMA di Kabupaten Aceh Besar. Diakses tanggal 5 Juni 2014 dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/7304

Kemdikbud. (2012a). Bahan uji publik kurikulum 2013, tentang tujuan pendidikan nasional.

Kemdikbud. (2012b). Bahan uji publik kurikulum 2013, tentang rasional kurikulum 2013 PPT-1.1.

Kunandar. (2013). Penilaian autentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mallo, I. Y. (2013). Analysis of teacher's perception of their public image and it influence on students performance in physics: A key to improving the quality of education in Nigeria. Journal of Social Sciences, 4 (12), 113.

Mendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis. Beverly Hills: Sage Publication,Inc.

Nadhif. (2014). Pelaksanaan bimtek Kurikulum 2013 di Kanwil Kemenag DIY. (Wawancara pribadi, pada hari Selasa, 8 Juli 2014 di Jogjakarta)

Purnomo. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran di sekolah dasar. Diakses tanggal 28 Juni 2014, dari http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/pgsd/pgsd/paper/viewFile/323/275

Setyarahajoe, R., & Irtanto. (2013). The competence of teacher as human resources at senior high school of Kediri City East Java Province. Academic Research International, 4 (2), 252-261.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:

       



Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820

View My Stats