PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA TYPING MASTER SEBAGAI MODERASI TERHADAP KETERAMPILAN KEYBOARDING MAHASISWA
Tusyanah Tusyanah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh disiplin belajar, kemandirian belajar, dan lingkungan teman sebaya dengan penggunaan media typing master sebagai variabel moderasi terhadap keterampilan keyboarding mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi penelitian merupakan mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2020 yang telah mengikuti mata kuliah Produksi Dokumen sebanyak 108 orang dan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan tes mengetik online. Teknik analisis data menggunakan hasil tes mengetik, analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan. 3) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan. 4) penggunaan media typing master berpengaruh positif dan signifikan. 5) Penggunaan media typing master meningkatkan pengaruh disiplin belajar positif dan signifikan. 6) Penggunaan media typing master menurunkan pengaruh kemandirian belajar ke arah negatif tidak signifikan. 7) Penggunaan media typing master menurunkan pengaruh lingkungan teman sebaya dan tidak signifikan terhadap keterampilan keyboarding.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A. R. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Teman Sebaya dan Penggunaan Media Typing Master terhadap Kecepatan Mengetik 10 Jari Buta Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi Perkantoran (OTKP) di SMK PGRI 01 Semarang. 346.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Asmara, S. R., Heryati, T., & Patonah, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Smk Swadaya Karangnunggal. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 71. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4881
Chin, W. W. (2010). The partial least squares approach to structural equation modeling. Modern methods for business research. Modern Methods for Business Research, April, 295-336.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosdakarya.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. In Practical Assessment, Research and Evaluation (Vol. 21, Issue 1).
Mappiare, A. (2003). Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Rajawali Pers.
Marimin, Mulyono, S., & Kuswantoro, A. (2012). Keyboarding dengan Sistem 10 Jari. UNNES Press.
Mariskha Z., Alhadi, E., & Andriyani, T. (2016). Penerapan program typing master dalam meningkatkan kecepatan dan ketelitian pengetikan 10 jari buta. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis 2, 16(November), 52–65.
Mulyadi, S., Basuki, H., & Rahardjo, W. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi. Rajawali Press.
Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Pustaka Pelajar.
Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, Muh. S., Aziz, I., & Sehabuddin. (2023). Media Pembelajaran. 1–77.
Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika.
Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 78–97. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923
Schermelleh-Engel, K., Moosbrugger, H., & Müller, H. (2003). Evaluating the fit of structural equation models: Tests of significance and descriptive goodness-of-fit measures. MPR-Online, 8(May 2003), 23–74.
Setyawardani, M., Raharso, S., & Tjahyawati, S. S. (2016). Mengembangkan Keyboarding Skills Berbasis Permintaan Industri Melalui Software Pengetikan Bermanuskrip Bahasa Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 15(1), 47–57. https://doi.org/10.17509/manajerial.v15i1.9471
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. PT. Indeks.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulastri, T. (2022). Media pembelajaran computer keyboarding menggunakan aplikasi typing master dapat meningkatkan motivasi mengetik 10 jari buta. Jurnal SKRIPTA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 33–39.
Sulistiowati, T. (2022). Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (Sriyanto, Ed.). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo.
Wahyuni, L., & Mardiyah, S. U. K. (2017). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK SISTEM 10 JARI BUTA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. 2.
DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v21i2.76768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International