PENERAPAN E-BUSINESS PADA KOPERASI DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Muhammad Roestam Afandi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap penerapan sistem e-business di koperasi yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Model yang digunakan untuk menjelaskan penerimaan sistem e-business adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan 4 konstruk utama (internal variable). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 95 koperasi, dihitung menggunakan rumus Slovin dengan signifikansi 10%. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software smartPLS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) persepsi kemudahan Perceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan Perceived Usefulness (PU); (2) persepsi kemudahan Perceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan Attitude Toward Using (ATU); (3) persepsi kegunaan Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan Attitude Toward Using (ATU); (4) persepsi kegunaan Perceived Usefulness (PU) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan sistem e-business Actual Usage (AU); (5) sikap penggunaan Attitude Toward Using (ATU)  berpengaruh terhadap penerimaan sistem e-business Actual Usage (AU).


Keywords


E Business, Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Usefullness (PU), Attitude Toward Using (ATT), Actual Usage (AU)

Full Text:

PDF

References


Alter, S. (2007). Information Systems: Foundation of E-Business.

Davis, F. D. (1993). User acceptance of information technology: system characteristics, user perceptions and behavioral impacts. International Journal of Man-Machine Studies, 38(3), 475–487. https://doi.org/10.1006/imms.1993.1022

Dhillon, R. dan K. S. (2012). Review Paper on e-business dan CRM.

Famawati, E. (2015). Technology Accaptance Model (TAM) Untuk Mengalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra.

Fishbein, & Ajzen. (1980). Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesley.

Hendrojogi. (2007). Koperasi: Azas-Azas, Teori & Praktek. PT Raja Grafindo Persada.

Irawan, B., Sani, I., Febrian, W. D., Setiawan, Z., Abdullah, A., Wasil, M., Dewi, A., Nostalia, A., Novi, S., Soeharjoto, R., Umar, N., Chasanah, S., Fitriyatul, A., Luluk, B., & Harinie, T. (2022). KONSEP DASAR E-BUSINESS. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Noviarni, N. (2014). Analisis Penerimaan Teknologi dengan Menggunakan Model TAM (Technology Acceptance Model) pada Pengguna Sistem Informasi. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 123–135.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No 17 Tahun 2012. (2012). PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. (1992). PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA-2.

Rainer, R. K., Marshall, T. E., Knapp, K. J., & Montgomery, G. H. (2007). Do Information Security Professionals and Business Managers View Information Security Issues Differently? Information Systems Security, 16(2), 100–108. https://doi.org/10.1080/10658980701260579

Ruparel, R. , K. M. , & C. J. (2013). Bootstrap Methods for Error Estimation: An Overview. Journal of Statistical Computation and Simulation, 4(83), 755–771.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (24th ed.). Alfabeta.

Sulianta, F. (2019). E-Business: Konsep dan Implementasi. Andi Publisher.

Tawfik, & Albrecht. (2008). E-Business and Distributed Systems Handbook.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v21i1.76747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International