Implementasi Berbagai Teori Belajar dalam Pembelajaran Akuntansi
Abstract
Hakikatnya pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan secara terencana dan terpola untuk menciptakan suasana dan memberikan pelayanan agar anak didik belajar secara efektif. Untuk menciptakan suasana/pelayanan hal yang esensial bagi guru/pengajar adalah memahami bagaimana siswanya memperoleh pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru/pengajar dapat memahami proses perolehan pengetahuan, maka ia dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat bagi anak didiknya.
Dari berbagai hasil penelitian atau percobaan, para ahli psikologi dapat menggambarkan bagaimana proses tersebut berlangsung. Ahli psikologi behavior memandang bahwa proses belajar terjadi melalui ikatan stimulus-respon, sedangkan psikologi gestalt berpendapat proses pemerolehan pengetahuan didapat dengan memandang sensasi secara keseluruhan sebagai suatu objek yang memiliki struktur atau pola-pola tertentu, dan ahli psikologi konstruktivis berpendapat bahwa proses pemerolehan pengetahuan adalah melalui penstrukturan kembali struktur kognitif yang telah dimiliki agar bersesuaian dengan pengetahuan yang akan diperoleh sehingga pengetahuan itu dapat diadaptasi.
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan kesulitan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, perlu diketahui implementasi berbagai teori belajar yang telah ada dalam rangka membantu kegiatan pembelajaran akuntansi. Lebih jauh tulisan ini ingin mengetahui lebih mendalam tentang berbagai teori belajar yang telah ada, sehingga dapat diketahui kesesuaian materi akuntansi yang disajikan dengan teori belajar yang sesuai sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran Akuntansi
Dari berbagai hasil penelitian atau percobaan, para ahli psikologi dapat menggambarkan bagaimana proses tersebut berlangsung. Ahli psikologi behavior memandang bahwa proses belajar terjadi melalui ikatan stimulus-respon, sedangkan psikologi gestalt berpendapat proses pemerolehan pengetahuan didapat dengan memandang sensasi secara keseluruhan sebagai suatu objek yang memiliki struktur atau pola-pola tertentu, dan ahli psikologi konstruktivis berpendapat bahwa proses pemerolehan pengetahuan adalah melalui penstrukturan kembali struktur kognitif yang telah dimiliki agar bersesuaian dengan pengetahuan yang akan diperoleh sehingga pengetahuan itu dapat diadaptasi.
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan kesulitan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, perlu diketahui implementasi berbagai teori belajar yang telah ada dalam rangka membantu kegiatan pembelajaran akuntansi. Lebih jauh tulisan ini ingin mengetahui lebih mendalam tentang berbagai teori belajar yang telah ada, sehingga dapat diketahui kesesuaian materi akuntansi yang disajikan dengan teori belajar yang sesuai sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran Akuntansi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jep.v5i2.594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International