PERSEPSI CUSTOMER TERHADAP PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE
Vina Yuli Habsari, Universitas Nurul Jadid, Indonesia
Abstract
Abstrak: Teknologi canggih saat ini banyak dimanfaatkan masyarakat modern dalam kegiatan sehari-hari. Internet menajadi suatu kebutuhan tersendiri bagi masyarakat terutama dalam hal berbelanja. Perubahan gaya hidup tersebut menjadikan tren belanja online marak yang ditandai dengan banyaknya platform e-commerce muncul secara bersamaan. Perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat, salah satunya yaitu shopee yang menjadi platform e-commerce paling diingat (top of mind). Adanya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi customer terhadap platform e-commerce shopee karena tidak mengelak jika dalam transaksi belanja online rentan terjadi penipuan dan sering kali tidak memenuhi ekspetasi yang diinginkan. Teknik analisis yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Survei dilakukan kepada responden khusus pengguna e-commerce shopee dengan total sample 100 orang. Analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi dan regresi linear dimana diperoleh hasil persamaan regresi Y = 0,603X1 + 0,593X2 + 0,607X3, yang dapat diartikan bahwa pilihan produk, kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap persepsi customer.
Kata kunci: Pilihan Produk, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Pesepsi Customer
Full Text:
PDFReferences
Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE , HARGA DAN KEPERCAYAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 1–20. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php
ANt. (2020). Pandemi Covid Bawa Berkah Buat Platform E-Commerce. Snapcart.Global, 1. https://snapcart.global/pandemi-covid-bawa-berkah-buat-platform-e-commerce/
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299
Ariella, I. R. (2018). DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 3.
Azizah, F. N., Puspakaritas, F. N., Pramesti, V. A., Putri, Y. A. S., & Azizah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee. Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 56–67.
Daryanti, P., & Shihab, M. S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(3), 120–127. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i3.1915
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173
Erpiyana, M., Margahana, H., & Junaidi, M. (2018). Analisis Implementasi Aplikasi Electronic Commerce Pada Meli Cake Berbasis Web Mobile Dengan Konsep Business to Consumen. Jurnal Signaling STMIK Pringsewu, 7(2), 52–59. https://core.ac.uk/download/pdf/276535264.pdf
Husniadi. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen, Kualitas Pelayanan Dan Keamanan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Wulan Kokula Selama Masa COVID -19. Jurnal Kebangsaan, 10(20), 52–58. http://www.jurnal.uniki.ac.id/index.php/jkb/article/view/92
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550
Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan , dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 101–119.
Nugroho, A., & Magnadi, R. H. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Lazada Express Saat Harbolnas Di E-Commerce. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Permana, H., Djatmiko, T., & Telkom, U. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik ( E-Service Quality ) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, XX(1), 201–215.
Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1094
Rifda Aufa Putri, V. D. D. (2021). Report: Peta Persaingan E-commerce Q3 2021. Iprice.Co.Id, 1.
Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Ecodemica, 2(1), 117–124. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911/pdf
Sastika, W. (2018). Analisis Kualitas Layanan dengan Menggunakan E-Service Quality untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shopee. Journals.Upi-Yai.Ac.Id, 2, 6.
Sholihah, F. A., & Rachma Indrarin. (2019). Pengaruh Persepsi Pelanggan terkait Etika Bisnis Islam terhadap Kepuasan Pelanggan pengguna E- Commerce. Jurnal Ekonomi Islam, Vol 2, No(3), 156–162. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jie
Siti Fatimah, M. S. S. (2019). Transformasi Sistem Pembayaran Pesantren Melalui e-Money di Era Digital (Studi Pondok Pesantren Nurul Jadid). Jurnal Ekonomi Bisnis, 20(2), 96–108.
Sumpu, N., Tumbel, A. L., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016 ). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2528–2537. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21027
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45.
DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v19i2.48023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International