PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Ati Sumiati, Universitas Negeri Jakarta
Mardi Mardi, Universitas Negeri Jakarta
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 di Fakultas Ekonomi UNJ angkatan 2018 yang berjumlah 269 orang dengan sampel sebanyak 161 orang menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dengan skala likert. Uji persyaratan analisis yang dilakukan menujukkan hasil yakni data berdistribusi normal dan linear. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa semua hipotesis diterima. Koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 46,7% yang menunjukkan penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga dalam memengaruhi minat berwirausaha sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Keluarga secara simultan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha.
Abstract: This research was conducted on undergraduate students at the Faculty of Economics UNJ. The method used is the survey method with questionnaires. The affordable population in this study was undergraduate students at the Faculty of Economics unj class of 2018 which amounted to 269 people with a sample of 161 people using proportional random sampling techniques. The data analysis techniques used are descriptive analysis, analysis requirement test, hypothesis test, and determination coefficient test. The analysis requirements test conducted showed the results are normal and linear distributed data. Based on the results of hypothesis tests and coefficients of determination, it can be concluded that all hypotheses are accepted. The coefficient of determination in this study was 46.7% which showed the use of social media and family environment in influencing entrepreneurial interests while the rest was influenced by other factors that were not studied. Based on the results of the analysis, it can be concluded that the use of social media and family environment simultaneously affects entrepreneurial interests.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung Purnomo, D. (2020). Dasar-dasar Kewirausahaan (A. Rikki (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 878–893. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317
Alfaruk, M. H. (2017). PENGARUH PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA, MOTIVASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA EKONOMI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO. Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4.
Andi Setiawan, M. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=CPhqDwAAQBAJ&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Anggri Puspita Sari, D. (2020). Kewirausahaan dan Bisnis Online (A. Rikki (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Christine Daymon, I. H. (2008). Metode-Metode Riset Kualitatif. Bentang. https://books.google.co.id/books?id=GO-PT5-RiKQC&pg=PA138&dq=validitas+adalah&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwj-2czlsu7sAhWK7XMBHbL_AlMQ6AEwAHoECAMQAg#v=onepage&q&f=false
Dadang, A. . (2020). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia, Etos Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Kabupaten Biak Numfor. Qiara Media.
Dawkins, F. (2014). Family Entrepreneur Easier Said Than Done (J. Mcknight (Ed.)). Dundurn Toronto. https://books.google.co.id/books?id=UctJAgAAQBAJ&pg=PA177&dq=social+media+family+entrepreneurship&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwiJgbr9kefsAhUVdCsKHYR-AqMQ6AEwAXoECAYQAg#v=onepage&q&f=false
Dewi, K., Yaspita, H., & Yulianda, A. (2020). MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN. Deepublish Publisher.
Dewi, S. K. S. (2017). Konsep dan Pengembangan Kewirausahaan di Indonesia. Deepublish.
Didin Fatihudin. (2015). Metode Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Zifatama Publisher.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analis Data dengan SPSS. Deepublish Publisher.
Dyah Indraswati, Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Maulyda, M. A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MATARAM. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p17-34
Fajrillah, F., Purba, S., Sirait, S., Sudarso, A., Sugianto, S., Sudirman, A., Febrianty, F., Hasibuan, A., Julyanthry, J., & Simarmata, J. (2020). SMART ENTREPRENEURSHIP: Peluang Bisnis Kreatif & Inovatif di Era Digital (T. Limbong (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Genç, M., & Öksüz, B. (2015). A Fact or an Illusion: Effective Social Media usage of Female Entrepreneurs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 293–300. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.345
Hariyani, R., & Wibowo, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha. Seminar Nasional Dinamika Informatik, 4, 112–117.
Hartono, M. S. (2018). Bimbingan Karier (Kencana (Ed.)). Prenada Media.
Hasan, M. (2020). Literasi dan Perilaku Ekonomi : Transfer Pengetahuan Kewirausahaan dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi Informal. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=9fEIEAAAQBAJ&dq=sosial+media+minat+berwirausaha&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers.
Hernández-Linares, R., Kellermanns, F. W., & López-Fernández, M. C. (2018). A note on the relationships between learning, market, and entrepreneurial orientations in family and nonfamily firms. Journal of Family Business Strategy, 9(3), 192–204. https://doi.org/10.1016/j.jfbs.2018.08.001
Ilyas, M., Hafidhuddin, D., & Al-hamat, A. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM AL-QUR’ĀN. TAWAZUN, 11, 3–6.
Indriyani, L. (2018). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862.
Irwansyah, M., & Subiyantoro, H. (2018). Pengaruh Kreativitas, Lingkungan Keluarga dan Jiwa Entrepreneur Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI TULUNGAGUNG. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(1), 36. https://doi.org/10.29408/jpek.v2i1.798
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia; Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/penggunaan
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Karen Hapuk, M. S., Suwatno, S., & Machmud, A. (2020). Efikasi diri dan motivasi: sebagai mediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 59–69. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i2.4577
Komang Sumerta, N. K. R., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020). Pengaruh tingkat penggunaan media sosial dan motivasi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa program studi manajeman perguruan tinggi di kota denpasar pendahuluan di era digitalisasi saat ini mungkin apa pun bisa dikaitkan dengan internet . Konsumen j. 7, 627–652.
Kumara, B. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Dengan Menggunakan Media Sosial. Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 52–56.
Kurniati, E. D. (2015). Kewirausahaan Industri. Deepublish.
Kurniawan, Y. R., & Harti. (2013). Pengaruh tingkat penggunaan sosial media terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Marbun, S. M. (2018). Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Morah, D. N., & Omojola, O. (2018). Social Media Use and Entrepreneurship Development in Nigeria: Lagos and Onitsha in Focus. International Journal of Advance Study and Research Work, 1, 15. https://doi.org/10.5281/zenodo.1420101
Nabila, D. (2020). Peradaban Media Sosial Di Era Industri 4.0. PT Citra Intrans Selaras.
Noviantoro, G., & Rahmawati, D. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Fakultas Ekonomi 2017 PENDAHULUAN, 01(1), 1–7. http://www.albayan.ae
Nugroho, E. (2018). Prinsip-Prinsip Menyusun Kuesioner. UB Press.
Nurhadifah, siti nafi’ah. (2018). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi the Effect of Personality , Family Environment , and Peer Group Toward Interest in Entrepreneurship of Accounting Education. XVI(2).
Olanrewaju, A. S. T., Hossain, M. A., Whiteside, N., & Mercieca, P. (2020). Social media and entrepreneurship research: A literature review. International Journal of Information Management, 50(November 2018), 90–110. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.011
Oxley, A. (2013). Security Risks in Social Media Technologies : Safe Practices in Public Service Applications. In Security Risks in Social Media Technologies. Woodhead Publishing Limited. https://doi.org/10.1016/b978-1-84334-714-9.50001-2
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–3.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan via Social Media. Elex Media Komputindo.
Rahayu, A. (2015). MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG ANGKATAN 2013 & 2014. Minat Berwirausaha Mahasiswa Administrasi Politeknik Negeri Bandung, 1993, 24. http://ridum.umanizales.edu.co:8080/jspui/bitstream/6789/377/4/Muñoz_Zapata_Adriana_Patricia_Artículo_2011.pdf
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.246
Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya : Bandung. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=681738#
Raman, R., & Menon, P. (2018). Using social media for innovation – market segmentation of family firms. International Journal of Innovation Science. https://doi.org/10.1108/IJIS-08-2017-0078
Sahroh, A. F. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan …, 6(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/25242
Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.
Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian. Zifatama Jawara.
Secundo, G., Del Vecchio, P., & Mele, G. (2021). Social media for entrepreneurship: myth or reality? A structured literature review and a future research agenda. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 27(1), 149–177. https://doi.org/10.1108/IJEBR-07-2020-0453
Siregar, Z. A., & Marwan. (2020). The Influence of Family Environment, Entrepreneurship Knowledge and Entrepreneurship Motivation on Students’ Entrepreneurship Interest of Islamic Education Management Program of Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. 124(December 2018), 566–574. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.120
Slamet Riyanto, A. A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Deepublish Publisher.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Elex Media Komputindo.
Suratno, Kohar, F., Rosmiati, & Kuniawan, A. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MEDIA SOSIAL, DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA/I PADA SMK NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 482. https://doi.org/10.31933/JIMT
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. haura publishing.
Syarifuddin, D., Iskandar, I., & Hakim, L. (2017). Dampak lingkungan terhadap minat mahasiswa pariwisata berwirausaha. Pariwisata, IV(1), 1–13. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1831/1380
Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu, Personal Branding-mu: Menampilkan Image Diri dan Karakter di Media Sosial. VisiMedia.
Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 74–79. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.
Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (K. Sihotang (Ed.)). Grafindo.
Wiani, A., Ahman, E., & Machmud, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik Smk Di Kabupaten Subang. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 227. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11843
Widyasari, K. L., Nuranna, F. S., Sulasmi, A. L., Rokayah, Wihartono, W., Sinuraya, N. E., Lestari, S. C., Finaka, A. W., Oscario, N., Sejati, D. F., Pamungkas, C. A., Riswan, H., Syarifuddin, A., Fa, D., & Riswan, H. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dalam Lembaga Pemerintah (1st ed.). Direktorat Jenderal INformasi dan Komunikasi Publik, Kementrian Komunikasi dan Informatikai.
Wurth, S. (2017). Becoming an entrepreneur through social media on the example of self-employed companies. 78.
Zainuddin, M. (2020). Metodologi Penelitian Kefarmasian Edisi 2. Airlangga University Press.
Zuraida, R., & Ayu, K. G. (2013). Perilaku Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara (BINUS). ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(2), 904. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2529
DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41027
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International